Ribuan Pelari Memperebutkan Total Rp2,4 M di Maybank Marathon 2022

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
26 Agustus 2022, 14:24
10 Ribu Pelari Berlomba Memperebutkan Total Rp2,4 Miliar di Maybank Marathon 2022
Katadata

PT Bank Maybank Indonesia kembali menggelar Maybank Marathon pada 28 Agustus 2022 dengan lokasi start di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali. Project Director Maybank Marathon, Widya Permana mengatakan Maybank Indonesia memastikan seluruh aspek penyelenggaraan ‘Elite’ label Maybank Marathon 2022 telah memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan oleh badan atletik dunia tersebut, di antaranya keterlibatan atlet lari elite internasional.

“Sejak ajang Maybank Marathon 2022 diumumkan pada akhir Maret lalu, Panitia Penyelenggara telah melakukan rangkaian persiapan, diantaranya, rute lari, persiapan tenaga dan fasilitas medis serta fasilitas pendukung lainnya hingga pengamanan untuk mendukung kelancaran Maybank Marathon 2022 pada 28 Agustus nanti. Dalam penyelenggaraan Maybank Marathon, faktor keamanan dan keselamatan seluruh peserta lari adalah prioritas kami,” kata Widya di Denpasar, Bali, Jumat (26/8/2022).

Advertisement

Widya menambahkan, penyelenggaraan tahun ini akan memperebutkan total hadiah lebih dari Rp2,4 miliar untuk 118 pemenang. Ada pun jumlah peserta Maybank Marathon 2022 yang sudah melakukan registrasi sebanyak hampir 10.000 peserta di ketiga kategori yang diperlombakan yaitu Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km) dan 10K. Di samping itu Maybank Marathon juga memperlombakan kategori tambahan untuk peserta anak-anak (children Sprint) dan peserta kategori wheelchair.

Dari segi kewarganegaraan, jumlah peserta Maybank Marathon 2022 tersebut didominasi oleh peserta dari dalam negeri dan dari 50 negara, di antaranya, peserta terbanyak dari Malaysia, Jepang, Singapura, Australia, Inggris, dan lain-lain.

Pada penyelenggaraan Maybank Marathon 2022, peserta yang dapat memecahkan rekor marathon berhak untuk mendapatkan bonus pemecah rekor. Untuk kategori marathon putra, catatan waktu di bawah 2 jam 5 menit akan mendapat bonus Rp101.250.000, untuk catatan waktu di bawah 2 jam 10 menit menerima bonus Rp 67,5 juta dan di bawah 2 jam 15 menit menerima bonus Rp33,75 juta. Sedangkan untuk kategori maraton putri, catatan waktu di bawah 2 jam 28 menit akan mendapat bonus Rp101.250.000, di bawah 2 jam 33 menit menerima bonus Rp 67,5 juta serta di bawah 2 jam 38 menit menerima bonus Rp33,75 juta.

Tahun ini, Maybank Marathon juga diikuti oleh atlet nasional yaitu Agus Prayogo dan Odekta Elvina Naibaho. Agus Prayogo adalah peraih medali emas saat menjuarai nomor lari 10.000 meter putra SEA Games 2017 di Kuala Lumpur di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. Di sepanjang keikutsertaannya di SEA Games, Agus sudah meraih total enam medali emas.

Sedangkan Odekta Elvina Naibaho adalah peraih medali emas marathon putri SEA Games Vietnam 2022. Odekta berhasil finis di urutan pertama lomba marathon dengan catatan waktu 2 jam 55 menit 27 detik.

Widya menambahkan, seluruh rute kategori lintasan Maybank Marathon telah disertifikasi oleh Association of International Marathons and Distance Races (“AIMS”) dan World Athletics (“WA”), atau dahulu dikenal dengan International Association of Athletics Federations (“IAAF”). Pengukuran rute juga dilakukan oleh International Measurement Administrator yang memegang Grade A IAAF-AIMS course measurer.

Mengingat pentingnya faktor keamanan dan keselamatan pelari, Maybank Marathon menerapkan aturan yang sejalan dengan peraturan Pemerintah terkait penyelenggaraan acara luar ruang. Aturan ini mengatur tentang kewajiban peserta untuk sudah mendapatkan minimal vaksin ketiga (booster), dan wajib memindai aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki RPC maupun Race Village. Selain itu, peserta juga diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, hand sanitizer dan menjaga jarak selama ajang berlangsung.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement