Telkomsel Incar Pasar Telekomunikasi di Indonesia Timur

Image title
1 Desember 2022, 14:58
Telkomsel Incar Pasar Telekomunikasi di Indonesia Timur
Katadata

Pertumbuhan bisns telekomunikasi di Indonesia Timur lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan secara nasional. Karena itu, Telkomsel akan terus memperluas jaringan hingga ke pelosok agar masyarakat di Indonesia Timur bisa semakin mudaj melakukan aktivitas perekonomian.


VP RAN Engineering and Project Telkomsel Akhmad mengatakan, Kawasan Indonesia Timur akan menjadi focus dari Telkomsel.


“Kami sedikit share, memang kawasan Indonesia Timur itu menjadi fokus dari Telkomsel. Karena kalau kita lihat, kawasan Indonesia Timur ini selain marketnya besar, pertumbuhannya pun sangat luar biasa,” tukas Akhmad, dalam Katadata Regional Summit 2022, di sesi Menjaring Peluang Digital dari Indonesia Timur, yang diadakan oleh Katadata, Kamis (1/12/2022).


Berdasarkan data BPS di 2022, pertumbuhan bisnis telekomunikasi di kawasan Indonesia Timur itu 14 persen, sedangkan nasional hanya lima persen.


“Jadi memang kami dari sisi bisnis melihatnya juga perkembangannya sangat luar biasa. Sehingga tentunya Telkomsel sangat mendukung, dan kami pastinya selalu melakukan perluasan jaringan di sana,” jelas Akhmad.


“Telkomsel selama ini dikatakan paling Indonesia, dan memang kita lihat coverage Telkomsel lah yang memang bisa menjangkau sampai ke pelosok. Jadi visi infrastruktur sesuai dengan pilarnya Telkomsel, yang pertama koneksi digital sendiri. Jadi kita menyiapkan konektivitas digital itu ke pelosok dengan 3G sebelumnya, 4G, dan sudah mulai ke 5G,” tuturnya.


“Yang kedua, kita juga menyiapkan digital platform agar bisnis mudah melakukan transaksi. Yang ketiga, kita menyiapkan layanan digital tentunya. Yang ini akan semakin mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi ekonomi, bisnis, atau pun pembelajaran online, dan aktivitas lainnya. Jadi, Telkomsel berkelanjutan untuk kita memperluas coverage di area timur Indonesia. Dan tentunya ini menjadi komitmen kami, kolaborasi tentunya dengan Kominfo juga,” ungkap Akhmad.


Tenaga Ahli Menteri Kominfo bidang Komunikasi dan Media Massa Kemkominfo RI,, DEvie Rahmawati mengungkapkan, ada dua hal yang harus dibenahi dengan serius dalam pengembangan ekonomi digital, yakni infrastruktur dan main structure (struktur utama).


Ia menegaskan, pemerintah tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik, yaitu memeratakan jaringan digital 4G di daerah 3T yang dibantu oleh pihak Telkomsel, tapi juga membangun manusia Indonesia agar pengembangan ekonomi digital segera tercapai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...