Konsep TOD akan Membuat Kota Jakarta Berkembang

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
4 Desember 2022, 21:46
Konsep TOD akan Membuat Kota Jakarta Berkembang
Katadata

Konsep Transit Oriented Development (TOD) mulai diterapkan di kota Jakarta untuk mendukung perkembangan kota metropolitan tersebut. Konsep TOD diterapkan agar kota Jakarta tetap berkembang meskipun nanti ibu kota negara dipindahkan ke Kalimantan Timur.


Perkembangan Jakarta dengan konsep TOD ini dijelaskan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN Tedy Bharata dalam acara Blok M Green Collabs: Shifting Into Green Lifestyle, yang diselenggarakan oleh Katadata, di Taman Literasi Christina Martha Tiahahu, Jakarta, Minggu (4/12/2022).


Tedi menambahkan, BUMN juga meningkatkan TOD sebagai sebuah konsep baru untuk kota berkembang, yang terus dilakukan bersama dengan pemerintah daerah dan swasta.


Dalam mengembangkan tata kota, Tedi mengatakan pemerintah harus melihat masa depan, bagaimana Jakarta bisa berkembang setelah Nusantara menjadi ibukota baru


“BUMN memiliki banyak aset, dan seiring dengan perubahan bisnis, maka ada beberapa aset yang bisa direvitalisasi. Revitalisasi aset ini sudah dilakukan, dan ini akan terus dilakukan. Contoh gedung-gedung tua di Jakarta sudah direnovasi dan dimanfaatkan menjadi kafe, tempat hang out, dan tempat hiburan,” ungkap Tedi.


Kepala Sudin Kebudayaan Kota Jakarta Selatan Puspla Dirdjaja mengungkapkan pihaknya telah berencana untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang berbau seni budaya, yang nantinya bisa mendukung kreativitas para anak muda, yang juga akan diselenggarakan di Taman Literasi Christina Martha Tiahahu.


“Kami mungkin akan mengadakan kegiatan yang berbau seni budaya. Kita akan bikin yang kreatif untuk generasi muda. Kegiatan tersebut, kami mendukung kawasan TOD ini, di taman ini, terutama yang ruang publik lebih optimal pemanfaatannya, lebih dikenal oleh masyarakat, dan ada aktivitas publik yang kita lakukan,” ujar Puspla.


Direktur Pakuwon Jati Alexander Stefanus Ridwan Suhendra yang menyebutkan sejumlah manfaat dari diterapkannya konsep TOD untuk perkembangan Jakarta.


“Manfaatnya luar biasa. Dengan adanya TOD, kegiatan itu jadi lebih terpusat, contohnya kegiatan di taman ini, yang bisa menunjukkan apa saja yang sudah dilakukan. Contoh, anak-anak SMA tidak terlalu jauh jika mengadakan kegiatan seni,” ucap Alexander.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...