Festival Kuliner, Musik dan Lomba Lari Warnai HUT Pura Mangkunegaran

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
20 Februari 2023, 13:03
Festival Kuliner, Musik dan Lomba Lari Warnai HUT Pura Mangkunegaran
Katadata

Pura Mangkunegaran akan merayakan hari ulang tahun ke-266 pada Maret 2023 nanti. Untuk memperingati HUT tersebut, Pura Mangkunegaran menggelar sejumlah acara mulai dari lomba lari hingga festival kuliner dan musik yang menjadi rangkaian dari Adeging Pura Mangkunegaran.

Pemimpin Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan, rangkaian acara tersebut merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan sejarah serta memperkenalkan kembali budaya Solo kepada masyarakat.

“Unsur kebudayaan bukan hanya sebagai content tapi juga bagaimana dari kegiatan ini kami secara bersama-sama memperkenalkan kembali kebudayaan. Bagaimana caranya budaya itu menjadi kebutuhan sehari-hari dari masyarakat. Adeging Pura Mangkunegaran menjadi jembatan untuk memperkenalkan kembali budaya Solo di masyarakat,” kata KGPAA Mangkoenagoro X dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (20/2/2023).

KGPAA Mangkoenagoro X berharap, ajang ini bisa memberikan dampak yang besar kepada masyarakat sekitar.

Ketua Panitia Adeging Pura Mangkunegaran Marah Andikha menjelaskan, rangkaian acara akan dimulai pada 11 Maret 2023 dengan food festival. Pada food festival ini akan diikuti 80 UMKM yang ada di Solo dan sekitarnya.

“Pada 12 Maret pagi, kami akan menggelar Mangkunegaran Run in Solo yang memperlombakan nomor 5K, 10 K dan 21K. Ajang ini akan diikuti oleh 2.500 peserta lomba lari. Lomba akan dimulai dan berakhir di Pura Mangkunegaran,” jelas Andikha.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...