Tim IT Tokopedia Berbagi Cerita tentang Tantangan selama 1 Tahun WFH

Tokopedia kembali menggelar START Summit Extension pada 23 Maret 2021 lalu.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
7 April 2021, 13:39
Rillis_TokopediaWFH
Katadata

Dengan mengangkat tema Tokopedia’s Enterprise-Scale IT Management, tim teknologi Tokopedia membagikan pengalaman dan praktik terbaik mereka tentang bagaimana teknologi dapat memungkinkan 5.000 Nakama (karyawan Tokopedia-red) untuk bekerja dari rumah selama lebih dari satu tahun, serta memfasilitasi Nakama dengan sistem yang menunjang kebutuhan mereka selama bekerja dari rumah.

Persiapan Sebelum Work From Home

Pada Maret 2020, kasus COVID-19 di Indonesia sudah mulai bertambah dan terdapat isu tentang kebijakan lockdown serta Work From Home. Saat itu, tim IT enterprise Tokopedia mulai mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi, sehingga hal pertama yang dilakukan adalah memastikan seluruh Nakama memiliki akses VPN yang memadai. 

Pada tahap tersebut, para tim IT mengadakan workshop di kantor Tokopedia dan Tokopedia Care untuk membantu Nakama dalam melakukan instalasi VPN dan memastikan bahwa setiap perangkat yang digunakan dapat tersambung VPN dengan baik, sehingga setiap proses development dan operasional dapat berjalan dengan lancar hingga saat ini.

Merangkul Tantangan Selama Work From Home Melalui Teknologi

Bekerja dari rumah merupakan salah satu hal yang cukup menantang, dimana hal tersebut juga dirasakan oleh tim IT enterprise Tokopedia. Selain memastikan koneksi VPN, tim IT enterprise juga perlu mempersiapkan hal lainnya seperti memastikan produktivitas dan kesehatan Nakama, hingga bagaimana Tokopedia dapat tetap melaksanakan program kampanye. 

Lalu, bagaimana teknologi dapat menjadi solusi untuk menjawab tantangan selama periode WFH?

  • Melalui teknologi, Tokopedia dapat memastikan kolaborasi dan komunikasi antara Nakama tetap efektif. Dengan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan secara daring, Nakama Tokopedia dapat tetap berinteraksi dengan anggota tim dan leader mereka masing-masing. Beberapa aktivitas tersebut adalah daily stand up, sprint planning, code review, deployment, customer care supportvirtual office, regular meeting, townhall, sharing and learning session, hingga makan siang bersama. 
  • Memastikan kesehatan Nakama selama bekerja dari rumah juga merupakan salah satu tantangan yang dapat dijawab oleh teknologi. Melalui platformkomunikasi Slack, tim teknologi Tokopedia membuat Slackbot bernama People Experience yang secara berkala dapat menanyakan kondisi kesehatan Nakama, baik secara fisik maupun mental.  Untuk memfasilitasi Nakama dalam menjaga kesehatannya, tim IT Tokopedia bekerja sama dengan tim HR untuk menghadirkan program seperti Dokter Nakama, E-Counselling bersama Psikolog, Nakama Wellbeing, dan berbagai support group 
  • Untuk mengukur performadan produktivitas Nakama ketika WFH, tim teknologi Tokopedia membuat aplikasi internal bernama MyNakama yang dapat memudahkan para leader dan HR dalam menilai kinerja Nakama. Melalui fitur remote yang tersedia di aplikasi MyNakamaNakama juga dapat mengisi daily task yang kemudian akan dilihat dan di-approve oleh masing-masing leader
  • Tantangan terakhir yakni bagaimana Tokopedia dapat menjalankan acara dan promo besar setiap bulannya, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), dari rumah. Ketika saat dan sebelum acara berlangsung, tim IT enterprise perlu memastikan bahwa sistem dapat menerima jumlah kunjungan atau traffic dengan baik. Oleh karena itu, tim IT enterprise melakukan beberapa prosedur seperti melakukan unit dan integration test, bug bash, melakukan monitor dan alerting, automated load test yang biasa dilakukan sebelum acara berlangsung, weekly coordinationdry run, hingga sistem monitor pada saat acara berlangsung. 

Sepanjang 2020 hingga 2021, tim teknologi Tokopedia juga telah berhasil mewujudkan salah satu DNA Tokopedia yakni Make it Happen, Make it Better dengan beberapa pencapaian seperti:

  • Lebih dari 1000 engineer Tokopedia berhasil mengembangkan dan menghasilkan tes pada service secara remote
  • Lebih dari 2000 customer service Tokopedia dapat membantu pelanggan dan menjalankan sistem operasional dari rumah
  • Acara dan promo besar dapat terlaksana dengan baik
  • Ratusan deployments tetapterjadi setiap bulannya
  • Microservices tetap berhasil diimplementasikan ke seluruh tribe di Tokopedia
  • Berhasil membantu seluruh Nakama dalam menjalankan Work From Home 

Pada akhirnya, bekerja dari rumah tidak membatasi tim teknologi Tokopedia untuk tetap memberikan yang terbaik bagi seluruh Nakama dan Tokopedia. 

Editor: Doddy Rosadi
Video Pilihan

Artikel Terkait