Tim Engineer Tokopedia Bahas Pengembangan Web dan Aplikasi

Tokopedia kembali menggelar START Summit Extension. Bulan ini, tema yang akan diangkat adalah How Engineering Productivity Optimize Tokopedia Web and App Releases.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
18 Mei 2021, 14:58
Tokopedia
Tokopedia

Tokopedia kembali menggelar START Summit Extension. Bulan ini, tema yang akan diangkat adalah How Engineering Productivity Optimize Tokopedia Web and App Releases.

Pada sesi ini, tim engineer Tokopedia akan fokus pada pembahasan seputar produktivitas engineering dalam mengoptimalkan web dan juga app di Tokopedia. Sebagai perusahaan teknologi, Tokopedia selalu berevolusi untuk dapat terus meningkatkan dan menjawab setiap kebutuhan pengguna. Proses pengembangan bukan hanya dalam bentuk website, namun juga aplikasi.

Ada sejumlah langkah yang bisa diambil sebelum mengembangkan web dan juga aplkasi antara lain dengan melakukan tes di sejumlah komunitas tertentu sebelum diproduksi.

Hal lain yang tidak kalah penting sebelum mengembangkan web dan juga aplikasi adalah memastikan tidak ada gangguan alias bug free apabila sudah digunakan oleh pengguna.

Lalu setelah web dan aplikasi yang dikembangkan itu dirilis, apakah masih harus ada pengecekan lagi? Tentu saja. Karena, pengecekana dilakukan bukan hanya sebelum dirilis tapi juga setelah dirilis. Karena tidak ada pengembangan web dan aplikasi yang sempurna. Untuk mengantisipasi terjadinya masalah setelah dirilis, perlu ada prosedur tetap (SOP) untuk mengatasi gangguan yang muncul.

Tentunya, untuk memudahkan pengawasan diperlukan sebuah sistem. Tokopedia sudah mempunyai sebuah sistem sehingga apabila terjadi gangguan atau masalah bisa terpantau secara real time.

Editor: Doddy Rosadi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait