Seperti Ini Proses Pembaharuan Website dan Aplikasi di Tokopedia

Tokopedia berbagi informasi tentang proses pembaharuan pada website dan aplikasi melalui START Summit Extension yang digelar bulan lalu
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
10 Juni 2021, 12:04
Tokopedia #9
Tokopedia

Tokopedia berbagi informasi tentang proses pembaharuan pada website dan aplikasi melalui START Summit Extension yang digelar bulan lalu. Pada acara tersebut, Test Engineer Lead untuk Tokopedia iOS Elly Susilowati menjelaskan bahwa proses pembaharuan Tokopedia pada aplikasi dan website berbeda. Pada website, proses pembaharuan terdiri atas 3 tahap yakni Staging, Beta, dan Production.

Staging adalah tahap pengecekan yang dilakukan oleh Test Engineer. Pada tahap ini, para Test Engineer memastikan semua perubahan yang dilakukan oleh para engineer telah teraplikasikan dengan baik pada website. Apabila pengecekan selesai, maka semua pembaharuan tersebut akan disatukan dan kembali di tes ulang pada tahap Beta.

Terakhir adalah proses Production, yakni pengunggahan pembaharuan kepada pengguna. Pada tahap ini, pembaharuan yang dilakukan sudah dapat dinikmati oleh para pengguna.

Berbeda dengan website, proses pembaharuan aplikasi Tokopedia terbagi ke dalam 5 tahap yakni Development Week, Release Train Closed, Bug Bash, Hotfix, Regression, dan Submission.

“Seluruh proses ini dilakukan dalam waktu satu minggu, mengikuti pembaharuan yang dilakukan setiap satu minggu sekali,” kata Elly.

Pada Development Week, para engineer melakukan testing, perbaikan bugs, dan serta mempersiapkan pembaharuan selanjutnya. Apabila daftar pembaharuan telah siap, maka akan masuk ke tahap selanjutnya yakni Release Train Closed. Pada tahap ini, para stakeholder akan berdiskusi bersama-sama, menilai apa saja fitur yang bisa dinaikkan pada minggu tersebut dengan menilai kesiapan dari fitur.

Apabila daftar pembaharuan telah terpilih, maka pembaharuan tersebut akan masuk ke fase Bug Bash dan dicek ulang oleh semua stakeholder, baik Test Engineer maupun Product Owner untuk kembali menilai kesiapa dan kelayakan fitur..

Semua bugs serta masalah yang ditemukan pada fase Bug Bash kemudian akan diperbaiki pada fase Hotfix. Selama satu hari, para engineer akan berusaha untuk menyelesaikan kendala yang baru ditemukan pada fase Bug Bash. Keesokan harinya, setelah proses perbaikan selesai, maka proses pembaharuan akan masuk pada tahap Regression, yakni pengecekan kembali semua kesiapan fitur secara keseluruhan, baik yang mengalami perubahan karena ada pembaharuan maupun yang tidak.

Proses pembaharuan pada website dan aplikasi Tokopedia tidak berhenti ketika pembaharuan tersebut diterima dan digunakan oleh pengguna. Setelahnya pun, para engineer akan tetap melakukan Monitoring dan Alerting pada pembaharuan yang sudah dilakukan sehingga apabila ada masalah tak terduga, semua tim dapat langsung diinformasikan dan cepat mengambil tindakan.

Editor: Doddy Rosadi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait