Dukung Talenta Digital, Tokopedia Gelar Start Summit 2021

Tokopedia berkomitmen mempersiapkan talenta digital masa depan Indonesia, dengan menyelenggarakan Start Summit 2021.
Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
23 Juni 2021, 16:52
Tokopedia #10
Tokopedia

Tokopedia percaya, teknologi adalah salah satu kunci untuk memajukkan bangsa. Maka dari itu, disaat bersamaan Tokopedia sadar akan pentingnya mempersiapkan talenta digital masa depan, untuk dapat mewujudkan hal tersebut.

"Visi misi kita adalah pemerataan ekonomi secara digital. Kita sadar pemerataan ekonomi berkaitan dengan kualitas SDM-nya. Karena itu, sejalan dengan pemerintah yakni ingin lahirnya 9 juta talenta di bidang digital pada 2035, kami berharap melalui Tokopedia Academy ini bisa jadi positif," kata Vice President of Engineering & Chief of Staff Technology Tokopedia, Aswin T. Utomo, saat Group Interview bersama media, Rabu (23/6).

Aswin mengungkap, agenda tersebut merupakan ajang berbagi informasi, khususnya di bidang teknologi. Menurut dia, semua keterampilan yang berhubungan dengan digital diperlukan dalam industri yang terus berkembang pesat saat ini. 

“Semua dibutuhkan, karena kalau misal melihat engineering itu seperti dokter. Dokter kan ada dokter bedah, dokter kulit, gigi. Nah dalam suatu teknologi itu ada banyak bagiannya dan itu diperlukan. Misalnya tidak ada tim infrastruktur, ya tidak bisa jalan,” jelas dia.

Tokopedia Academy Lead Siti Fauziah menjelaskan, Start Summit 2021 akan diselenggarakan Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 09.00 - 18.00 WIB. Start Summit 2021 juga akan menampilkan beragam topik mengenai terobosan dan inovasi teknologi Tokopedia, seperti Core Engineering, Infrastructure & Productivity, dan Data. 

Misal saja, pada topik Core, nantinya para peserta dapat mempelajari lebih lanjut tentang esensi rekayasa pemrograman, pengembangan produk, pemantauan dan pengelolaan acara promo terintegrasi yang kompleks.

Siti Fauziah mengungkap, acara tersebut dapat disaksikan melalui tiga platform, yakni Tokopedia Play, Youtube Tokopedia dan academy.tokopedia.com. Acara yang akan berlangsung satu hari itu juga akan dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G. Plate, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, serta narasumber lainnya oleh tim Tokopedia sendiri.

"Apapun yang kita share, kita ingin berikan ilmu yang sama dan merata. Kita ingin para partisipan bisa belajar mengenai data dari Tokopedia. Tiga hal besar inilah yang lagi dicari-cari orang berdasarkan survei," ungkapnya.

Selain acara tersebut tidak dipungut biaya, Siti menyebutkan bahwasanya partisipan akan dapat berbagi pengalaman atau pengetahuan secara langsung dengan Tokopedia. 

“Dimana teman-teman bisa dapatkan kesempatan untuk belajar dan tanya-tanya, diskusi langsung,” kata dia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait