Pemerintah Apresiasi Komitmen Tokopedia Perkuat SDM Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengapresiasi Start Summit 2021 Tokopedia yang digelar Sabtu (3/7/2021)
Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
7 Juli 2021, 11:26
tokopedia
ilustrasi/Tokopedia

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengapresiasi Start Summit 2021 Tokopedia yang digelar Sabtu (3/7/2021). Konferensi Start dengan tema "Transforming Indonesia Through Technology Together" ini turut berkontribusi dalam kolaborasi anak bangsa, memperkuat sumber daya manusia digotal, dan talenta digital Indonesia.

"Kami berharap Start Summit 2021 Tokopedia ini dapat menjadi ajang untuk mempelajari serta memahami berbagai topik seperti core engineering, infrastrukture & productivity, maupun hal-hal inovatif dan produktif lainnya demi menunjang keberlanjutan transformasi digital Indonesia," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

Menurut Johnny, ekonomi digital yang berdaya membutuhkan SDM digital, talenta digital yang berkualitas, berkelanjutan dan dalam jumlah yang cukup. Dalam 15 tahun ke depan, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital yang terlatih di tingkat menengah dan di tingkat lanjutan untuk menjamin kebermanfaatan dan keberlangsungan transformasi digital Indonesia.

"Penguatan talenta digital Indonesia dirancang dan dilakukan secara komprehensif demi mencakup semua lini kecakapan baik di tingkat dasar melalui program Indonesia cakap digital oleh gerakan nasional literasi digital, siberkreasi Kemenkominfo yang setiap tahunnya diharapkan dapat melakukan literasi atas 12,5 juta masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, di tingkat menengah dilakukan melalui program digital talent scholarship yang menyediakan 100 ribu peluang beasiswa pelatihan. Sementara di tingkat lanjutan melalui program digital akademi untuk 300 orang pengambil kebijakan sektor publik maupun private.
"Di era yang semakin digital seperti saat ini platform digital seperti tokopedia harus juga mengambil bagian dalam kolaborasi anak bangsa memenuhi kebutuhan talenta nasional," tuturnya.

Untuk itu, kata Johnny, ia berharap konferensi Start Summit 2021 maupun program-program penguatan talenta digital lainnya yang diselenggarakan Tokopedia semakin maju. Sebab target cakupan Start Summit adalah menyiapkan talenta digital Indonesia sekaligus membuka berbagai peluang baik dari kemajuan teknologi serta ekonomi digital nasional.

"Bersama-sama kita perkuat kolaborasi anak bangsa dalam bertransformasi menuju Indonesia terkoneksi semakin digital, semakin maju," kata dia.

Chief Technologi Officer Tokopedia, Herman Widjaja mengatakan, Tokpedia Start Summit adalah konferensi teknologi tahunan untuk berbagi inovasi pengetahuan dalam teknologi. Start Summit juga merupakan cara Tokopedia untuk berbagi dan berkembang dengan komunitas teknologi.

"Sehingga kita dapat menggunakan teknologi bersama-sama untuk membawa perubahan terhadap Indonesia," kata Herman.

Ia menjelaskan, pada Februari 2020. Tokopedia mengumpulkan lebih dari 2.000 orang dari berbagai daerah di Indonesia dan lebih dari 51 ribu orang bergabung secara virtual untuk menghadiri pertemuan teknologi pertama Tokopedia.

Untuk tahun ini, menurut Herman, Tokopedia bersemangat menyambut para peserta Start Summit 2021 dalam pertemuan virtual sehingga belajar bersama dari mana pun kita berada dapat berlagsung.

"Tanpa disadari sudah lebih dari setahun sejak new normal menjadi realita baru. Saya berharap dan semua orang tetap bisa menjaga keamanan dan terus mengikuti protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait