Pandemi Covid-19 Jadi Titik Puncak bagi Startup

Startup yang bisa bertahan di masa pandemi bisa melakukan ekspansi.
Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
9 Oktober 2021, 18:38
Pandemi Covid-19 Jadi Titik Puncak bagi Startup
Katadata

Konferensi teknologi terkemuka di dunia, Wild Digital, kembali hadir di Indonesia untuk kali keempat. Acara yang digagas oleh Catcha Group ini menghadirkan rangkaian konferensi secara virtual yang berlangsung pada 8-9 September 2021 dan menghadirkan lebih dari 70 pembicara, 20 sesi dan lebih dari 800 audiens selama dua hari.

Bertema 'Indonesia: Fueling Southeast Asia, the Next Digital Powerhouse', konferensi ini membahas proses, kemenangan dan tantangan kewirausahaan, serta menyoroti apa yang menjadikan startup sebagai pemimpin industri.

Pandemi Covid-19 juga dinilai menjadi titik puncak utama bagi banyak startup. Mereka yang bertahan dinilai telah berhasil mengubahnya menjadi peluang emas untuk diversifikasi dan ekspansi.

CEO Lippo Karawaci dan Managing Partner Venturra Capital, John Riady mengatakan, kesuksesan pihaknya selama empat hingga lima dekade terakhir dalam melakukan bisnis di Indonesia adalah tentang inovasi.

"Teknologi hanya membuat perubahan jadi jauh lebih relevan. Itu tantangan bagi kami. Di saat seperti ini, kita harus gesit dan inovatif seperti yang pernah kami lakukan," dalam keterangan tertulis, Kamis (7/10).

Sementara itu, CEO Tiket.com, George Hendrata mengatakan, apapun jika dilakukan secara berbeda, maka akan menentukan bagaimana ke depan serta mendapat jalan keluar dari krisis yang ada.

"Dan sejak awal kami memutuskan bahwa pada dasarnya kami ingin tumbuh lebih cepat daripada pasar," jelas dia.

Kemudian, Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono, pada kesempatan tersebut menekankan peran tim dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan sangatlah penting.

Menurut dia, tim dengan pola pikir yang benar akan menciptakan serangkaian solusi berkelanjutan, yang sesuai dengan apa pun yang dibutuhkan pelanggan.

"Tidak tidak peduli berapa usia dan tahun itu. Orangnya itu adalah produk dan inovasi terpenting Anda," ungkapnya.

Diketahui, sejak 2015, Wild Digital telah mendorong visi Catcha Group untuk mendukung wirausahawan dengan memberi mereka platform pada konferensi teknologi utama di Asia Tenggara.

Jaringan luas para pemimpin, investor, dan kepala eksekutif Wild Digital memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendapatkan wawasan eksklusif tentang masa depan teknologi dan kreativitas digital dari yang terbaik.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait