Tax Amnesty Show
Arief Kamaludin|KATADATA
Donang Wahyu
1 Agustus 2016, 21:30

Euforia Massa Menyambut Amnesti Pajak dari Jokowi

Lautan orang memadati arena Jakarta International Expo (JIEXpo) Kemayoran, Jakarta, Senin (1/8) siang, untuk menghadiri sosialisasi kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) oleh Presiden Joko Widodo.

Sebagai penyelenggara acara, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi B. Sukamdani, mengklaim pengunjung yang menghadiri acara itu mencapai lebih dari 10 ribu orang. “Saya diberi tahu yang hadir nanti 5.000 orang, tapi tadi (saya) dilapori yang hadir 10.000 orang. Saya sampai bingung, benar gak sih ini jumlahnya,” kata Jokowi dalam pidatonya, dengan wajah sumringah.

Pencapaian ini mengulang prestasi acara yang sama di dua kota lain, yaitu Surabaya dan Medan. Jokowi menyebut, acara sosialisasi tax amnesty di Surabaya dihadiri 2.700 peserta dari 2.000 undangan. Sedangkan di Medan, sebanyak 3.500 peserta yang hadir dari 3.000 undangan.

Melihat tingginya animo masyarakat tersebut, Jokowi optimistis kebijakan yang baru berjalan sejak 18 Juli lalu hingga akhir Maret 2017 bakal menuai sukses. Ia pun memperkirakan, deklarasi aset dan aliran dana repatriasi bakal mengalir deras masuk ke dalam negeri pada akhir Agustus atau awal September nanti. Dengan begitu, target tambahan penerimaan negara dari tax amnesty sebesar Rp 165 triliun pada tahun ini dapat tercapai. 

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.