Daging Sapi Beku Impor Show
Arief Kamaludin|KATADATA
Donang Wahyu
Oleh Donang Wahyu
9 Juni 2016, 18:33

300 Ton Daging Sapi Impor Asal Australia Telah Tiba

Sebanyak 300 ton daging beku sapi yang diimpor dari Australia telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dimuat dalam 10 kontainer, daging impor tersebut dibawa ke gudang Bulog di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (9/6). 

Kedatangan daging beku sapi impor itu merupakan bagian dari rencana pemerintah mengimpor sekitar 3 ribu ton daging sapi hingga 26 Juni mendatang. Langkah tersebut untuk mencukupi kebutuhan daging masyarakat selama bulan puasa hingga Hari Raya Idul Fitri awal Juli mendatang.

Keputusan pemerintah mengimpor daging sapi itu juga untuk menekan harga daging di pasaran yang terus melonjak hingga di atas Rp 100 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya Presiden Joko Widodo menjanjikan harga daging sapi menjelang Lebaran di bawah Rp 80 ribu per kilogram.

Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, pemerintah melalui Bulog berusaha mencukupi kebutuhan daging untuk masyarakat selama bulan puasa. Ia juga menepis kekhawatiran mengenai kualitas dan kesehatan daging beku sapi yang didatangkan dari Australia. 

Selain itu, Bulog menjamin proses pemotongan sapi sesuai dengan syariat Islam, sehingga dijamin halal. Tak cuma ke pasar, Bulog rencananya akan menjual daging impor itu langsung ke rumah penduduk dan perkantoran. Harganya Rp 80 ribu per kilogram.

Editor: Donang Wahyu