Gelar Dagangan Menggunakan Mobil Pribadi Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
20 Mei 2020, 18:47

Foto: Toko Tutup, Penjual Gelar Dagangan Menggunakan Mobil

Ada hal yang tak biasa di sepanjang Jalan Matraman Raya, Jatinegara, Jakarta Timur, puluhan mobil berjejer rapih dengan bagasi terbuka dipenuhi tumpukan baju. Mereka mayoritas adalah para pedagang baju yang biasa berjualan di Pasar Jatinegara.

Sejak penutupan pusat perbelanjaan di kawasan tersebut karena adanya pandemi corona, penghasilan mereka menurun hingga 90%. Guna mencegah semakin besarnya kerugian, mereka terpaksa berjualan di pinggir jalan.

Inisiatif pedagang berjualan dengan mobil dilakukan baru dua minggu ini karena tidak ada penghasilan yang masuk selama penutupan pusat perbelanjaan. Meski dalam masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), pihak keamanan setempat memperbolehkan berjualan maksimal hingga jam 9 pagi dan harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Salah satu pedagang Rengga (35), mengaku terpaksa bejualan seperti ini untuk bisa mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di temani sang istri, Rengga memarkirkan mobil dari jam 3 subuh.

“pendapatannya memang jauh dari keadaan biasanya di dalam toko, tapi ini lebih baik ketimbang kami harus beriam diri dirumah”. Ucap Rengga di sela-sela melayani pembeli.

Editor: Donang Wahyu

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.