Edsus Covid-19 Show
ADI MAULANA IBRAHIM|KATADATA
Image title
Oleh Adi Maulana Ibrahim
18 Agustus 2020, 14:35

Foto: Mereka yang Berjuang dan Bertahan Melawan Corona

Siang itu antrean di halte Transjakarta Harmoni, Jakarta, tampak mengular. Sejumlah relawan yang tergabung dalam anggota komunitas pecinta Transjakarta mengenakan baju hazmat. Mereka membawa poster informasi jumlah kasus Covid-19 di Ibu Kota. Mereka mengingatkan tentang bahaya virus corona, serta agar masyarakat mentaati protokol kesehatan selama di tempat umum.

Tenaga medis dan relawan menjadi garda terdepan negara dalam menangani pandemi corona. Tak mudah berjuang menghadapi pagebluk ini, mulai dari ganasnya penyebaran virus hingga kurangnya alat pelingung diri (APD). Namun petugas kesehatan dan relawan yang terlibat tak pernah kendur semangatnya.

Tenaga pengubur jenazah juga harus bekerja hingga pukul 10 malam, dan dibagi dalam tiga shift.  Mereka harus menguburkan jenazah dengan standar pemakaman protokol kesehatan Covid-19.

“Dalam sehari saya pernah menguburkan 30 jenazah, sampai larut malam. Mungkin ini menjadi jalan ibadah saya menolong orang di tengah keterpurukan akibat Covid-19 ini” ujar Nahil Ketua regu gali kubur.

BACA JUGA: Kisah Relawan Berjibaku Melawan Corona

Pandemi yang terjadi sejak Maret memaksa mereka tetap bersiaga di sekitar makam. Beristirahat di antara deretan pusara sudah menjadi hal biasa.

Pandemi corona yang menyerang bangsa ini sejak Maret lalu tak hanya menelan ribuan korban jiwa, juga menimbulkan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat. Salah satunya bagi para pedagang yang biasa perjualan di sekitar pasar Jatinegara, Jakarta Timur.

Sejak penutupan pusat perbelanjaan di kawasan itu, penghasilan pedagang menurun hingga 90%. Guna mencegah semakin besarnya kerugian, mereka terpaksa berjualan di pinggir jalan.

Pandemi juga mengakibatkan aktivitas belajar mengajar tatap muka dihentikan. Agar bisa terus belajar, sejumlah masyarakat berinisiatif memberikan jaringan internet gratis agar anak sekolah dapat terus belajar.

Editor: Donang Wahyu

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.