Donang Wahyu
Oleh Donang Wahyu
14 November 2020, 11:06

Video: Peran Satgas Covid Pondok Pesantren Harus Ditingkatkan

Meski sebaran resiko penularan virus corona pada usia penghuni pondok pesantren sangat kecil, namun mereka berpotensi sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Sebagai OTG, mereka dapat membahayakan penghuni lainnya seperti, guru, kyai, dan orang lanjut usia yang memiliki penyakit bawaan seperti Hipertensi, TBC, Pneumonia, diabetes, alergi, serta asma.

Sangat penting bagi pengelola pondok pesantren untuk menjaga lingkungan pondok. Hal itu donangdapat dilakukan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Pondok pesantren harus memiliki satgas covid pondok pesantren yang dapat memastikan pondok pesantren mempunyai kemampuan untuk melatih dan mendidik santri-santrinya agar sadar terkait protokol kesehatan, melakukan upaya-upaya pencegahan atas penularan virus corona, mempunyai kemampuan tracing sederhana atas tanda-tanda santri yang terkena covid-19 dan melaporkan ke pihak terkait.

 

 

#IngatPesanIbu
#LindungiKamudanAku
#KatadataLawanCovid19
#Gerakan3M
#protokolkesehatan
#webinarkatadata

Editor: Donang Wahyu

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan