Donang Wahyu
Oleh Donang Wahyu
17 November 2020, 10:00

Video: Kyai Berperan Penting Dalam Pengendalian Penyebaran Covid-19

Persoalan kebersihan di lingkungan pesantren sudah menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan sehari-hari oleh penghuni. Hal itu dilakukan oleh setiap penghuni karena mereka diwajibkan untuk selalu menjaga wudhu setiap hari.

Menurut data per 2 Oktober 2019, total ada 2.332 orang positif Covid-19 di lingkungan pesantren. Keseluruhan pasien positif Covid-19 tersebut terdapat di 39 pesantren yang tersebar dai 11 provinsi di seluruh Indonesia. Dari keseluruhan jumlah santri yang positif tersebut, 90% orang tanpa gejala (OTG). Penularan diduga berasal dari pengajar dan tukang belanja yang keluar masuk lingkungan pondok.

Terkait penerapan kebiasaan baru di lingkungan pondok pesantren sangat mudah dilakukan karena ulama dan Kyai memiliki pengaruh yang besar dalam lingkungan pesantren. Apa yang dikatakan oleh Kyai, maka akan dituruti oleh santri. Hal tersebut sangat efektif untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan pondok pesantren.

 

 

#IngatPesanIbu
#LindungiKamudanAku
#KatadataLawanCovid19
#Gerakan3M
#protokolkesehatan
#webinarkatadata

Editor: Donang Wahyu

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan