Pengusaha Sebut Gangguan Rantai Pasok Akibat PSBB Sulit Pulih

Image title
14 April 2020, 14:43
Pengusaha Sebut Gangguan Rantai Pasok Akibat PSBB Sulit Pulih.
Arief Kamaludin|Katadata
Ilustrasi pabrik mobil. Akibat PSBB, Rantai pasok bahan baku industri diprediksi ikut terganggu dan diprediksi sulit pulih dalam waktu dekat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penularan virus corona sejak 10 April 2020  yang diikuti beberapa wilayah penyangga. Akibatnya, rantai pasok (supply chain) bahan baku maupun barang pun diperkirakan ikut terganggu hingga diprediksi akan sulit pulih dalam waktu dekat.  

"Yang dikhawatirkan tak hanya pasarnya, tapi juga mekanisme rantai pasok yang  kalau tidak dikelola dengan baik akan butuh waktu lama untuk diperbaiki. Ini tidak akan selesai dalam enam bulan atau satu tahun ke depan," kata Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Danang Girindrawardana kepada katadata.co.id, Selasa (14/4).

Menurut dia, gangguan rantai pasok telah dialami sejumlah industri nonpangan yang telah seperti industri tekstil, otomotif dan elektronik. Sebab, mayoritas bahan baku dari industri tersebut dikirim dari luar negeri yang hingga masih terkendala. 

(Baca: Apindo: Kemenperin Tak Adil Beri Izin Operasi Perusahaan saat PSBB)

Selain kendala bahan baku, sektor tersebut juga mengalami penurunan penjualan cukup dalam karena bukan barang kebutuha primer. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta Kamdani menjelaskan, hampir semua industri sudah terpukul wabah corona, baik di dalam negari maupun di luar negeri.

Kinerja beberapa sektor industri pun telah menurun  30% hingga 100% dibandingkan dengan sebelum  terjadi pandemi. 

Penurunan terdalam terjadi pada sektor pariwisata atau perjalanan, hotel-restoran, retail  non-groceries, transportasi massal, real estate, dan manufaktur dengan output produk  sekunder.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...