PSBB Jakarta, Trafik Penerbangan di Bandara Soetta & Halim Turun 22%

Image title
Oleh Ekarina
13 April 2020, 08:09
PSBB Jakarta, Trafik Penerbangan di Bandara Soetta & Halim Turun 22%.
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Penumpang melintas disamping Monitor jadwal penerbangan. PT Angkasa Pura II mencatat penurunan penerbangan seiring pemberlakukan PSBB Jakarta.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan mulai 10 April 2020 di DKI Jakarta. Seiring dengan kebijakan tersebut, operasional penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dan Halim Perdanakusuma pada 10-11 April 2020 mengalami penurunan.

PT Angkasa Pura II (Persero), operator bandara Soetta dan Halim Perdanakusuma mencatat, jumlah pergerakan pesawat atau penerbangan di Soekarno-Hatta sejak PSBB Jakarta diberlakukan pada 10 April turun 3,24% dibanding hari sebelumnya menjadi 328 pergerakkan. 

Advertisement

Sedangkan pada 11 April, trafik penerbangan pesawat juga kian menurun menjadi hanya 253 penerbangan atau turun 22,86% dibandingkan pada 10 April 2020.

(Baca: Susul Jakarta dan Jabar, Pemprov Banten Ajukan Status PSBB Hari Ini)

Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan penurunan jumlah penerbangan menandakan banyak masyrakat mematuhi aturan PSBB DKI Jakarta.

“Jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta mengalami penurunan dengan load factor pesawat diperkirakan tak lebih dari 50% seiring dengan PSBB yang dipatuhi warga Jakarta,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (13/4).

Dia menyatakan, penerbangan saat ini lebih banyak dioperasikan untuk rute domestik. Sementara untuk rute internasional jumlahnya sangat minim, seiring dengan pandemi global Covid-19.

Sama halnya dengan Soekarno-Hatta, penurunan penerbangan juga terjadi di Halim Perdanakusuma. Pada 10 April, Angkasa Pura mencatat hanya ada 75 penerbangan. Jumlah ini  turun 20,21% dibanding pada 9 April yang masih terdapat 95 penerbangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement