PSBB Jakarta Berlaku Esok, Bantuan Sembako Siap Disebar ke Rumah Warga

Image title
9 April 2020, 17:11
PSBB Jakarta Berlaku Esok, Bantuan Sembako Siap Disebar ke Rumah Warga.
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Anggota TNI-Polri memberikan bantuan sembako kepada warga saat bakti sosial di Desa Guntur, Temanggung, Jawa Tengah. Pembagian sembako akan dilakukan ke rumah-rumah untuk mencegah terjadinya kerumunan warga.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Jumat (10/4) besok guna meneka penyebaran pandemi corona. Pemberian bantuan sembako telah disiapkan dengan skema pengiriman langsung ke rumah warga guna menghindari kerumunan warga. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan saat ini pihak Pemprov DKI Jakarta, Kepolisian dan TNI telah berkoordinasi dan mengantongi data warga yang berhak menerima bantuan. Nantinya, distribusi bantuan akan dilakukan melalui kerja sama dengan pihak RT dan RW setempat.

"Kami koordinasi dengan RT dan RW, daftar namanya sudah ada dan akan dibawa langsung di depan rumahnya. Agar tak ada massa yang berkumpul," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (9/4).

(Baca: Jelang PSBB di Jakarta, Jumlah Penumpang Angkot & Metromini Turun 90%)

Menurut dia, hingga saat ini pihak aparat kemanan masih menunggu arahan dan petunjuk teknis dari pihak Pemprov DKI Jakarta. Pasalnya, landasan hukum berupa Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai pemberlakukan PSBB hingga kini masih belum selesai dibahas pemerintah.

Selain itu, Yusri juga belum dapat membeberkan wilayah mana saja yang nantinya akan mendapatkan bantuan sembako pemerintah. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah menjelaskan bantuan yang disalurkan berupa berupa paket komoditas bahan pangan pokok, masker kain, dan sabun. Paket disiapkan oleh Perumda Pasar Jaya dengan pengemasan yang rapat untuk menjaga barang tetap higienis.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...