Pengajuan PSBB Tangsel, Kota dan Kabupaten Tangerang Masih Terganjal

Dimas Jarot Bayu
9 April 2020, 13:58
Bakal Ajukan PSBB, Pemprov Banten Masih Tunggu Data dari Tangerang.
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.
Ketua RT 07 Kampung Sayabulu Kota Serang Abdurahman memasang spanduk larangan masuk bagi warga luar kampung di Serang, Banten, Selasa (7/4/2020). Pemprov Banten tengah bersiap melakukan pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten masih melakukan beberapa persiapan terkait pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Pemprov Banten masih menunggu data dari ketiga wilayah tersebut sebelum mengajukan PSBB kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Sedang dalam proses surat pengusulannya untuk tiga wilayah di Tangerang," kata Kepala Dinas Kominfo Banten Eneng Nur Cahyati saat dihubungi Katadata.co.id, Kamis (9/4).

(Baca: Anies Baswedan Buka Peluang Ojol Bisa Angkut Penumpang Saat PSBB)

Namun, Eneng enggan merinci target waktu dari Pemprov Banten PSBB ketiga wilayah itu akan diajukan. Pemprov Banten berharap proses pengajuan PSBB untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19, tersebut dapat sesegera mungkin disampaikan kepada Menkes. 

"Secepatnya akan diajukan," kata Eneng.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim telah meminta Bupati Tangerang, Wali Kota Tangerang, dan Wali Kota Tangerang Selatan segera membuat surat pengajuan PSBB. Menurutnya, Pemprov Banten akan memberikan dukungan penuh terhadap langkah-langkah yang dilakukan ketiga wilayah itu dalam penerapan PSBB.

Dia menyatakan, Pemprov Banten siap berbagi anggaran dalam rangka pengamanan sosial masyarakat. "Dari provinsi, dari kota, dari kabupaten harus menganggarkan berapa kebutuhan yang bisa kita alokasikan untuk warga terdampak virus corona atau Covid-19," kata Wahidin.

(Baca: Aturan Rinci PSBB Jakarta yang Berlaku Mulai 10 April 2020)

Oleh karena itu, dia berharap agar pelaksanaan PSBB untuk Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan dapat dijadikan satu dengan yang dilakukan Jakarta. Sebab, mobilitas dari warga di wilayah Tangerang Raya tak bisa dipisahkan dengan wilayah Ibu Kota. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...