Dorong Transformasi Digital di BUMN, PLN & Pertamina Gandeng Microsoft

Image title
8 April 2020, 22:21
Dorong Transformasi Digital di BUMN, PLN & Pertamina Gandeng Microsoft.
123RF.com
Logo perusahaan teknologi Microsoft. Dua perusahaan BUMN bekerja sama dengan Microsoft guna mendukung transformasi digital perusahaan.

Dua perusahaan BUMN bidang energi, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN dan PT Pertamina (Persero), menandatangi nota kesepakatan dengan perusahaan teknologi Microsoft. Adanya kerja sama ini diharapkan mendorong transformasi digital perusahaan BUMN, dari yang sebelumnya masih menerapkan cara-cara tradisional. 

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, mendukung kerja sama ini karena sejalan dengan salah satu prioritas kementerian yang ingin menjadikan perusahaan pelat merah unggul dalam pemanfatan teknologi.

Advertisement

Dia menjelaskan, saat ini ada 800 perusahaan BUMN, termasuk anak perusahaan. Menurutnya, jika banyak dari korporasi ini tetap menggunakan cara tradisional dalam pengelolaan perusahaan, maka BUMN dapat terdisrupsi.

(Baca: Wakil Menteri BUMN Minta Bantuan Ventilator ke CEO Tesla Elon Musk)

Oleh karena itu, dia berharap kemitraan dengan Microsoft dapat membantu BUMN dalam mengembangkan dan mengoptimalkan teknologi terkini seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT) dan High Performance Computing (HPC). 

"Saya berharap kolaborasi ini dapat menjadi langkah awal BUMN untuk menciptakan nilai lebih, mendukung transparansi data dengan menggunakan teknologi strategis dan efisiensi,” ujar Erick di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (8/4) melalui rilis resmi.

Adapun bersama PLN, Microsoft akan membantu mengembangkan Smart Metering; Smart Grid Management; Smart Supply Chain; Big data Analytic dan Executive Dashboard. Sehingga, PLN bisa lebih efektif dan efisien dalam mengurangi biaya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement