Ada Panen Raya, Produksi Jagung Maret-April Diramal Capai 9,3 Juta Ton

Rizky Alika
7 April 2020, 19:48
Ada Panen Raya, Produksi Jagung Maret-April Diramal Capai 9,3 Juta Ton.
ANTARA FOTO/Siswowidodo/ama.
Petani Pesanggem memanen jagung di kawasan hutan di Segulung, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (13/3). Kementan memperkirakan, produksi jagung akan mencapai 9,3 juta ton selama masa panen.

Kementerian Pertanian (Kementan) memperkirakan, produksi jagung akan mencapai 9,3 juta ton selama masa panen. Adapun musim panen jagung akan berlangsung pada Maret hingga April 2020. 

"Produksi jagung 6 juta ton pada Maret. Sedangkan, April 3,3 juta ton," kata dia dalam video conference dengan wartawan, Selasa (7/4).

Advertisement

Menurutnya, stok jagung tersebut panen kali akan surplus. Ini dikarenakan, kebutuhan industri pakan ternak dan konsumsi diperkirakan rata-rata hanya sekitar 1,5 juta ton per bulan.

(Baca: Masuk Puncak Panen, Produksi Beras Diperkirakan Capai 5,27 Juta Ton)

Ia pun mencatat, surplus jagung telah terjadi di beberapa provinsi. Di sisi lain, terdapat pula tren penuruna harga jagung di sejumlah wilayah.

Meski begitu, Kementan berupaya agar harga jagung di tingkat petani tidak jatuh. Pihaknya juga berupaya mendekatkan sentra produksi petani jagung dengan pakan ternak ayam mandiri untuk mempermudah pembelian jagung dari petani.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement