Permintaan Mobil Lesu di Tengah Corona, Penjualan Toyota Anjlok 25%

Image title
2 April 2020, 15:57
Permintaan Mobil Lesu di Tengah Corona, Penjualan Toyota Anjlok 25%.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi mobil Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Penjualan Toyota turun 25% akibat pandemi corona di tanah Air.

Pabrikan otomotif asal Jepang PT Toyota Astra Motor (TAM)   mencatatkan kinerja buruk akibat adanya pandemi virus corona atau Covid-19. Pasalnya, virus tersebut memangkas penjualan sebanyak 25%.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan, pandemi virus corona telah berdampak pada turunnya penjualan retail (dari dealer ke konsumen) Toyota. Penjualan kendaraan berpotensi kian menurun, seiring dengan perkembangan virus corona yang semakin meluas di Tanah Air maupun secara global.

"Penjualan Maret ada penurunan sekitar 20%-25% dan ini kemungkinan akan terus menurun ke depan. Namun, angkanya masih kami pelajari," kata dia kepada katadata.co.id, Kamis (2/4).

Sepajang Maret 2019, perusahaan membukukan penjualan retail 27.765 unit. Dengan penurunan 25%, artinya penjualan Toyota pada bulan lalu hanya sekitar 20.800 unit.

(Baca: Akibat Wabah Corona, Honda Setop Sementara Produksi Pabrik di Karawang)

Sedangkan pada Januari - Februari 2020, Toyota membukukan penjualan 49.172 unit, meningkat 1,3% dibanding periode yang sama di tahun 2019. Secara nasional. berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) angka penjualan selama dua bulan pertama tahun ini yakni 83.784 unit, tirun tipis dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 83.876 unit. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...