Permintaan Turun Akibat Corona, Utilisasi Industri Plastik Anjlok 70%

Image title
2 April 2020, 15:07
Permintaan Turun Akibat Corona, Utilisasi Industri Plastik Anjlok 70%.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang kasir sedang memegang plastik di gerai Matahari di Bogor, Jawa Barat (1/3). Asosiasi industri plastik memperkirakan utilisasi industri anjlok 70% akibat corona dan pembatasan penggunaan plastik beberapa waktu lalu.

Pandemi corona turut menekan industri plastik. Menurut asosiasi, utilisasi industri plastik terutama di sektor hilir anjlok hingga 70% seiring melemahnya permintaan dari industri pengguna.

Direktur Pengembangan Bisnis Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) Budi Susanto Sadiman mengatakan, permintaan plastik hilir saat ini semakin menurun akibat pandemi Covid-19.

Budi mengatakan, kinerja industri ini sebelumnya tertekan akibat kebijakan pembatasan penggunaan plastik sertai pengenaan cukai. Ditambah adanya pandemi corona menyebabkan industri ini kian tertekan. 

(Baca: Pukulan Dua Arah Virus Corona ke Industri Manufaktur)

Padahal, di periode menjelang ramadan dan lebaran seperti sekarang ini merupakan kesempatan pengusaha mendapat peningkatan pesanan dari industri-industri pengguna, seperti sektor makanan minuman atau pengemasan.

Budi menyebut, kenaikan permintaan produk plastik dalam kondisi normal menjelang ramadan bisa mencapai 20%-30%.

"Yang jelas saat ini di hilir utilisasinya rata-rata tinggal 30%. Artinya jika utilisasi industri plastik hilir sekitar 90%, minimal itu penurunannya sekitar 60%-70%," katanya kepada katadata.co.id saat dihubungi lewat telepon, Kamis (2/4).

Namun, kondisi berbeda menurutnya terjadi di industri plastik hulu. Yang mana pertumbuhan sektor ini masih relatif stabil. Bahkan, beberapa perusahaan masih mampu mengekspor produk antara lain ke Tiongkok, seiring pulihnya industri di sana. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...