Imbas Corona, Hyundai Tunda Pembangunan Pabrik di Bekasi

Image title
1 April 2020, 15:03
Imbas Corona, Hyundai Tunda Pembangunan Pabrik di Bekasi .
Katadata
Ilustarsi mobil Hyundai. Proses groundbreaking pabrik Hyundai di Bekasi, Jawa Barat tertunda akibat pandemi corona.

Wabah virus corona menyebabkan rencana ekspansi sejumlah perusahaan tahun ini harus tertunda. Termasuk rencana pembangunan pabrik otomotif asal Korea Selatan Hyundai Motor Company yang sedianya dimulai awal April ini. 

Hyundai terpaksa menunda groundbreaking atau peletakan baru pertama pembangunan pabrik mereka di Bekasi, Jawa Barat karena pandemi virus Covid-19. Wabah ini menyebabkan sejumlah negara membatasi mobilitas warganya. Adapun peresmian pabrik Hyundai ini rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi membenarkan kabar tersebut. Dia mengatakan, pihaknya telah menerima surat penundaan pembangunan pabrik dari Hyundai dan disampaikan kepada kementerian terkait.

(Baca: Tak Terganggu Corona, Luhut Sebut Hyundai Bangun Pabrik Bulan April)

Kendati groudbreaking  tertunda, pemasangan peralatan skala besar rencananya tetap akan dilakukan pada Oktober atau November mendatang.

"Memang akan ada penundaan. Info yang saya terima pihak Hyundai telah mengirimkan surat menyampaikan penundaan ini," kata dia kepada katadata.co.id, Rabu (1/4).

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri  (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menjelaskan adanya pandemi virus corona telah memukul semua industri secara nasional maupun global.

Terpukulnya sektor manufaktur membuat beberapa industri otomotif terancam gulung tikar dan beberapa investor yang berencana menanamkan modalnya mengkaji ulang rencana investasi mereka di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...