Corona Meluas, Arab Saudi Imbau Umat Muslim Tunda Haji & Umrah

Image title
Oleh Ekarina
1 April 2020, 13:04
Corona Meluas, Arab Saudi Imbau Umat Muslim Tunda Haji & Umrah.
ANTARA FOTO/Arief Chandra
Umat muslim memadati area sekitar Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Kamis (27/2) pasca penagguhan sementara jamaah umrah.

Menteri  Haji dan Umrah Arab Saudi meminta umat Islam seluruh dunia untuk menunda persiapan ibadah haji yang sedianya akan berlangsung akhir Juli nanti. Imbauan penundaan ini dikarenakan pandemi virus corona yang semakin meluas secara global. 

Pemerintah Arab Saudi juga meminta umat Islam untuk menunggu sampai ada kejelasan lebih lanjut tentang pandemi virus Covid-19. Namun, otoritas Arab Saudi juga menegaskan sepenuhnya siap melayani jamaah haji dan umrah.

Advertisement

"Dengan keadaan  pandemi global saat ini, kerajaan terpanggil untuk melindungi kesehatan umat Muslim. Oleh karena itu kami telah meminta semua kaum Muslim di seluruh dunia untuk menunggu sebelum melakukan kontrak haji hingga situasinya jelas,"  kata Menteri Mohammed Saleh Benten dikutip dari Aljazeera

(Baca: Arab Saudi Minta Tunda Bayar Haji, Kemenag: Persiapan Haji Jalan Terus)

Awal bulan lalu, Arab Saudi menghentikan visa umrah seiring kekhawatiran akan penyebaran virus corona ke kota suci. Sementara terkait penghentian ibadah haji dan umrah hingga kini belum bisa dipastikan. Pasalnya, kegiatan ibadah tersebut juga membawa pendapatan signifikan bagi kerajaan.

Diperkirakan ada sekitar 2,5 juta jamaah dari seluruh dunia akan berdatangan ke kota Mekah dan Madinah untuk menunaikan ibadah haji pada akhir Juli nanti. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement