Matahari Tutup Semua Gerai dan Kurangi Jam Kerja Karyawan

Image title
Oleh Ekarina
31 Maret 2020, 18:08
Matahari Tutup Semua Gerai dan Kurangi Jam Kerja Karyawan.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang wanita berbelanja di store Matahari, Cibinong City Mall, Bogor, Jawa Barat (1/3). Matahari akan menutup sementara seluruh gerai secara nasional akibat corona.

Penyebaran virus corona yang kian masif di Indonesia, turut menekan emiten retail, salah satunya PT Matahari Department Store Tbk (LPPF).  Matahari akan  menutup seluruh gerainya di Indonesia hingga mengurangi jam kerja karyawan dan cuti tak berbayar guna mengurangi beban operasional perusahaan.

Matahari akan menutup sementara seluruh  gerai secara nasional selama 14 hari  terhitung sejak 30 Maret 2020 hingga 13 April 2020 atau lebih, tergantung perkembangan dampak Covid-19.

"Ini  merupakan bentuk dukungan  gerakan di rumah saja dan langkah pemerintah untuk mengawasi penyebaran Covi-19," ujar manajenen Matahari dalam keterangan resminya, Selasa (31/3).

(Baca: Omzet Harian Sarinah Terjun Bebas Terdampak Corona, Hanya Rp 30 Juta)

Chief Executive Officer (CEO) Matahari, Terry O’Connor mengatakan industri retail mengalami penurunan tajam sepanjang Maret, meskipun Januari dan Februari memenuhi ekpektasi. Dengan adanya kondisi tersebut, perusahaan beroperasi di dalam kondisi yang tidak pasti.  

Sejalan dengan ketidakpastian akibat pandemi corona, perusahaan bakal menetapkan sejumlah kebijakan penggunaan dana. Langkah ini merupakan bentuk antisipasi terhadap tekanan traffic dan permintaan konsumen yang berpotensi terjadi secara berkepanjangan.

Menurutnya, perseroan telah menelaah semua beban usaha yang dinilai tidak esensial dalam rangka menurunkan beban secara signifikan. Misalnya lewat kerja sama dengan pemilik mall untuk menurunkan beban sewa serta menurunkan beban pemasaran jangka menengah.

(Baca: Ekspansi Gerai, Matahari Store Naikkan Belanja Modal Jadi Rp 1 Triliun)

Perseroan juga melarang perjalan dinas, menurunkan beban sumber daya manusia dengan kombinasi pengurangan jam kerja, menerapkan cuti tidak berbayar. Matahari juga akan menurunkan gaji karyawan dengan penurunan terbesar di tingkat manajemen senior.

"Kami siap untuk melakukan langkah lebih lanjut untuk memastikan Matahari dapat melalui krisis ini dan siap melayani pelanggan kami secara lebih baik," ujarnya.

Sepanjang 2019, Matahari mencatat pendapatan bersih Rp 10,27 trilun, naik tipis dibanding 2018 sebesar Rp 10,24 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...