Tangkal Corona, Luhut Akan Bahas Karantina Pendatang dari Luar Negeri

Rizky Alika
31 Maret 2020, 16:01
Tangkal Corona, Luhut Akan Bahas Karantina Pendatang dari Luar Negeri .
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut akan membahas meminta pendatang dari luar negeri dikarantina dua pekan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta pendatang dari luar negeri, baik penumpang pesawat dan kapal segara dikarantina. Langkah ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona di Tanah Air. 

"Orang yang datang dari luar negeri itu harus ada karantina dua minggu. Jadi baik dari Amerika, Jepang, Korea, Inggris, semua dikarantina," kata dia dalam video conference, Selasa (31/3).

Namun, kebijakan tersebut akan dibahas lebih lanjut bersama pemerintah. Termasuk  wacana larangan mudik. Sebab, tak sedikit masyarakat yang pulang kampung lebih awal,  karena aktivitas sektor ekonomi informal di Jakarta turun drastis seiring imbauan kerja dari rumah.

(Baca: Jokowi Minta Karantina 14 Hari Jutaan TKI yang Mudik dari Luar Negeri)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengendalian mobilitas orang di dalam negeri dan antarnegara untuk mencegah resiko penularan virus corona yang diimpor dari luar negeri.

Pasalnya, saat ini sudah ada lebih dari 202 negara dan teritori di seluruh dunia yang terjangkit Covid-19. Selain itu, episentrum corona juga telah berpindah dari Tiongkok ke Amerika Serikat dan Eropa.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...