Wishnutama Gandeng Jaringan Hotel untuk Tampung 1.100 Tenaga Medis

Fahmi Ahmad Burhan
28 Maret 2020, 16:21
Akomodasi 1.100 Tenaga Medis, Kemenparekraf Gandeng Jaringan Hotel.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama.
Petugas menyiapkan bus Transjakarta untuk petugas medis yang menginap di Hotel Grand Cempaka Bisnis, Jakarta, Sabtu (28/3/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan tempat tinggal dan transportasi untuk tenaga medis dan kesehatan yang menangani pandemi virus corona atau COVID-19.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng  sejumlah jaringan hotel menyediakan akomodasi bagi tenaga medis yang bertugas menangani pandemi corona. Layanan akomodasi hotel itu nantinya akan diperuntukkan bagi sekitar 1.100 tenaga medis.

"Hotel berikan fasilitas istirahat. Agar dekat dengan rumah sakit," kata Menteri Parekraf Wishnutama dalam video conference di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Sabtu (28/3).

(Baca: Anies Baswedan Siapkan Hotel untuk Tempat Tinggal Tenaga Medis Corona)

Untuk saat ini, Kemenparekraf baru bekerja sama dengan jaringan hotel Accor Hotels. Untuk tahap awal, Accor Grup sediakan fasilitas hotel bagi tenaga medis di RSCM, RSPAD, RS Persahabatan, dan RSPI Sulianti Saroso. 

Pihak hotel juga akan mengikuti standar kesehatan pelayanan tamu dari Kementerian Kesehatan seperti penyemprotan menggunakan disinfektan, penggunaan lift, minimalisir kontak secara langsung, dan pengecekan suhu badan.

"Termasuk juga penyediaan makanan, house keeping, dan laundry," kata Wishnutama.

Selain dengan Accor Hotel, pemerintah  jug mengatakan kerja sama terbuka untuk jaringan hotel lainnya, asalkan memenuhi prosedur. Selain itu hotel yang ingin bekerja sama, harus sediakan fasilitas di dekat rumah sakit rujukan, serta hotel tidak melakukan PHK karyawannya. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...