Banyak UMKM Terimbas Corona Menanti Realisasi Janji Keringanan Kredit

Fahmi Ahmad Burhan
28 Maret 2020, 13:52
UMKM Terimbas Corona, Ganjar Minta OJK Bantu Percepat Relaksasi Kredit.
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Pekerja menyelesaikan gantungan kunci di sentra UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) industri kerajinan cendera mata rumahan Desa Pucang, Magelang, Jawa Tengah. UMKM meminta relaksasi kredit dipercepat untuk membantu mereka di tengah wabah corona.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan banyak sektor UMKM terdampak pandemi virus corona. Oleh karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan cepat bertindak dan mendorong perbankan merelaksasi kredit seperti instruksi Presiden Joko Widodo

Ganjar menyatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pelaku UMKM. Banyak dari kalangan usaha kecil mengeluh, usahanya lesu, tapi cicilan mereka belum juga ditunda.

Advertisement

"Saya sudah berkomunikasi dengan pelaku UMKM roti, ada cicilan di Bank Mandiri Syariah yang tetap ditagih, janji presiden belum dieksekusi," kata dia Sabtu (28/3) dalam siaran streaming SmartFM dan Populi Center.

(Baca: Guyuran Bantuan Tunai untuk Hadapi Masa Sulit akibat Pandemi Corona)

Menurutnya, perbankan beralasan, kebijakan tersebut belum diimplementasikan karena belum ada petunjuk dan aturan resmi. Hal ini menurutnya menyusahkan pengusaha kecil yang tengah berjuang  hidup di tengah tekanan wabah Covid-19.

"OJK perlu tindak cepat," kata dia. 

Selain dalam bentuk relaksasi cicilan kredit, banyak pengusaha UMKM imenginginkan adanya kelonggaran tagihan listrik sampai tiga bulan, dan diskon untuk gas dari Pertamina. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement