Atasi Pandemi Corona, Anggota G20 Sepakat Genjot Pasokan Alkes

Image title
Oleh Ekarina
27 Maret 2020, 10:49
Atasi Pandemi Corona, Anggota G20 Sepakat Genjot Pasokan Alkes.
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.
Pekerja tengah menjahit baju pelindung di Kwaon, Jemawan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020). Produksi alat pelindung diri (APD) akan ditingkatkan untuk menangani corona.

Para pemimpin negara anggota G20 sepakat akan meningkatkan produksi alat kesehatan yang dibutuhkan untuk menangani pandemi corona. Upaya ini dilakukan seiring dengan meluasnya penyebaran virus Covid-19 di sejumlah negara. 

"Para pemimpin sepakat memperlancar dan meningkatkan suplai alat kesehatan, di semua negara, di Italia, Eropa, Inggris, Amerika, Indonesia. Semua kekurangan alkes termasuk APD (Alat Pelindung Diri), test kit dan ventilator," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis malam (27/3).

(Baca: Kemendag Permudah Impor Alat Pendeteksi Corona untuk Tes Massal)

Hal tersebut dia sampaikan usai mendampingi Presiden Joko Widodo yang mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor. 

KTT yang dimulai pukul 15.00 waktu Arab Saudi atau pukul 19.00 WIB tersebut membahas upaya negara-negara anggota G20 dalam penanganan COVID-19.

Dia juga menyatakan, IMF dan Bank Dunia akan memberikan sejumlah dukungan agar produsen alkes bisa mendapat prioritas, sehingga suplai dari alat kesehatan dari seluruh dunia bisa ditingkatkan.

"Indonesia juga punya kesempatan untuk menyuplai seperti APD dan hand sanitizer," ujarnya.

(Baca: Tangani Corona, BKPM Percepat Izin Perusahaan Alat Kesehatan)

Mantan Direktur  Eksekutif  Dunia mengatakan seiring meluasnya pandemi corona, pasokan alat kesehatan mengalami disrupsi sehingga mempersulit penanganan Covid-19.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...