Pemerintah Tetapkan Kriteria Pasien Corona yang Dirawat di Wisma Atlet

Dimas Jarot Bayu
26 Maret 2020, 12:26
Pemerintah Tetapkan Kriteria Pasien yang Bisa Dirawat di Wisma Atlet.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta. Pemerintah tekah menetapkan sejumlah kriteria pasien yang covid-19 yang dapat dirawat di Wisma Atlet.

Pemerintah telah resmi membuka rumah sakit darurat corona untuk menampung sejumlah pasien positif Covid-19. Namun demikian, tidak semua pasien terjangkit virus bisa dirawat di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta karena pemerintah menetapkan sejumlah ketentuan.

“Kami ingin sampaikan banyak yang bertanya bagaimana cara berobat atau dilayani di rumah sakit darurat (Wisma Atlet) ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan,” kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono  di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (26/3).

Untuk pasien kategori orang dalam pengawasan (ODP), Eko menyebut Wisma Atlet hanya akan merawat pasien yang usianya lebih dari 60 tahun. Pasien kategori ODP tersebut juga harus memiliki penyakit penyerta (komorbid) yang terkontrol dan bisa ditangani secara mandiri.

(Baca: RS Darurat Corona Wisma Atlet Hingga Kini Sudah Tampung 208 Pasien )

Sedangkan untuk pasien kategori dalam pengawasan (PDP) yang bisa dirawat di Wisma Atlet hanya yang memiliki keluhan ringan dengan usia lebih dari 15 tahun. 

“Usia minimal itu adalah 15 tahun ke atas. Jadi untuk anak-anak, kami tidak akan terima,” kata Eko.

Sementara untuk pasien yang sudah dinyatakan positif corona, mereka bisa dirawat di Wisma Atlet jika hanya memiliki keluhan sakit ringan hingga sedang. Mereka juga harus berusia lebih dari 15 tahun.

Selain itu, pasien positif corona yang dirawat di Wisma Atlet tak boleh memiliki penyakit penyerta. “Apabila ada pasien yang meskipun (keluhannya) ringan, tapi membawa penyakit komplikasi yang lain, itu juga akan kami rujuk. Karena rumah sakit ini tidak didesain untuk menangani penyakit-penyakit yang lain,” ujar Eko.

(Baca: Jumlah Korban Tewas Akibat Corona di Italia Dua Kali Lipat Tiongkok)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...