Antrean MRT- Transjakarta Padat, Social Distancing Sulit Diterapkan

Image title
Oleh Ekarina
16 Maret 2020, 13:08
Antrean MRT- Transjakarta Padat, Social Distancing Sulit Diterapkan.
@tmcpoldametro/ Twitter
Warga mengantre panjang di salah satu halte Transjakarta di kawasan Ciledug, Tangerang Senin (16/3). Pembatasan operasional dan layanan angkutan berdampak terhadap menumpuknya penumpang di halte bus TransJakarta.

Antrean panjang akibat pembatasan armada dan waktu tunggu (headways) terjadi di sejumlah halte Moda Raya Terpadu (MRT) dan Transjakarta pagi tadi. Dengan kepadatan ini menjadikan upaya pemerintah memberlakukan social distancing atau menjaga jarak sosial untuk mengurangi perpindahan virus corona sulit diterapkan.

Dikutip dari Antara, sejak pukul 07.00 WIB antrean penumpang terpantau mengular hingga bagian luar dari Stasiun MRT Fatmawati. Penumpang yang masih sabar menunggu harus antre hingga mengisi ruang trotoar yang seharusnya digunakan oleh pejalan kaki.

(Baca: Pembatasan Tetap Berlaku, MRT Tambah Petugas Urai Antrean Penumpang)

Para penumpang yang rela mengantre itu rata-rata menggunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut mereka.

"Ya tidak apa-apa, ini kan bentuk penanggulangan juga dari pemerintah, jadi gapapa," kata Yanti, salah seorang penumpang. 

Antrean penumpang terjadi akibat pemotongan rute dan jam operasional layanan yang diumumkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Minggu (15/3).

"Kita menurunkan secara ekstrem kapasitas layanan. Jadi jadwal MRT, misalnya, yang semula keberangkatannya tiap 5 menit dan 10 menit sekarang akan diubah mulai besok menjadi 20 menit," kata Anies Minggu (15/3).

PT MRT Jakarta menetapkan perubahan jadwal layanan operasi MRT Jakarta mulai hari ini. Waktu operasi yang semula dimulai dari pukul 05.00–24.00 WIB menjadi pukul 06.00– 18.00 WIB.

(Baca: Antrean Panjang Mengular Akibat Pembatasan Transjakarta dan MRT)

Headway keberangkatan antar kereta berubah dari setiap 5-10 menit, menjadi 20 menit. Rangkaian kereta MRT Jakarta dikurangi dari 16 rangkaian menjadi empat rangkaian.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...