Raja Belanda Minta Maaf Soal Kekerasan Masa Lalu di Indonesia

Dimas Jarot Bayu
10 Maret 2020, 15:06
Raja Belanda Minta Maaf Soal Kekerasan Masa Lalu di Indonesia.
instagram/@sekretariat.kabinet
Presiden Joko Widodo menyambut Raja beserta Ratu Belanda, Y.M. Raja Willem- Alexander beserta Y.M. Ratu Maxima dengan Upacara Penyambutan Kenegaraan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Raja Belanda Willem Alexander menyampaikan permintaan maaf atas kekerasan berlebihan kepada Indonesia pada masa lalu. Hal itu berkaitan dengan agresi militer yang pernah dilakukan Belanda pascakemerdekaan.

Adapun permintaan maaf tersebut disampaikan Willem ketika bertemu Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3). “Saya ingin menyampaikan penyesalan dan permohonan maaf saya untuk kekerasan yang berlebihan dari pihak Belanda di tahun-tahun tersebut," kata Willem.

Menurutnya, Belanda telah mengakui kemerdekaan Indonesia secara politik dan moral sejak 2005. Hal tersebut ditandai dengan kunjungan pertama pemerintah Belanda yang diwakili Menteri Luar Negeri mereka ke Indonesia.

(Baca: Jokowi dan Raja Belanda Sepakati Bisnis Senilai Rp 14 Triliun)

Pada kesempatan ini, Willem pun mengucapkan selamat atas perayaan kemerdekaan ke-75 tahun Indonesia pada  17 Agustus 2020 mendatang. “Kami sangat menantikan beberapa hari mendatang ini,” katanya.

Menurut Willem, sejarah masa lalu antara Indonesia dan Belanda tak akan bisa dihapuskan dan terus dikenang tiap generasi. Luka dan kesedihan dari keluarga yang ditinggalkan pun masih terasa hingga saat ini.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...