Jokowi Terima Kunjungan Raja dan Ratu Belanda di Istana Bogor

Kunjungan raja dan ratu Belanda ke Indonesia dalam rangka memperkuat kerja sama di bidang ekonomi, pengembangan SDM dan pariwisata.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
10 Maret 2020, 11:34
Jokowi Terima Kunjungan Raja dan Ratu Belanda di Istana Bogor.
ANTARA FOTO/REUTERS/Arnd Wiegm
Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima berfoto dengan putri mereka. Jokowi menerima kunjungan raja dan ratu Belanda di Istana Bogor, Jawa Barat (10/3).

Presiden RI Joko Widodo menggelar pertemuan dengan Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3). Kedua petinggi Kerajaan Belanda itu datang sekitar pukul 10.20 WIB. 

Kedatangan keduanya diawali upacara penyambutan tamu negara. Dalam prosesi tersebut, lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan dilanjutkan dengan dentuman meriam. Setelahnya, Willem dan Maxima mengisi buku tamu dan melakukan foto bersama dengan Jokowi dan istrinya, Iriana. 

(Baca: Jokowi dan PM Belanda Sepakati Isu Sawit Berkelanjutan)

Selanjutnya, raja dan ratu Belanda bersama Jokowi dan Iriana melanjutkan acara veranda talk. Veranda talk merupakan tradisi baru Presiden RI era Jokowi yang menggelar bincang-bincang akrab dengan beberapa tamu negara di beranda Istana. Lalu, mereka bersama-sama melakukan penanaman pohon damar.

Jokowi bersama Willem dan Maxima direncanakan menggelar sejumlah acara yang ditutup dengan makan siang bersama. “Social talk, penanaman pohon, pertemuan bilateral, dan pernyataan pers bersama,” demikian keterangan Sekretariat Presiden.

Belum jelas topik apa yang akan dibahas Jokowi bersama Willem dan Maxima dalam pertemuan bilateral. Hanya saja, Kementerian Luar Negeri menyebut kunjungan keduanya ke Indonesia dalam rangka memperkuat kerja sama di bidang ekonomi, pengembangan sumber daya manusia (SDM), dan pariwisata.

Sebelum ke Istana, keduanya diketahui telah meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk menghormati pahlawan yang gugur selama perang Kemerdekaan RI 1945-1949. Setelah dari Istana, keduanya diagendakan ke Pemakaman Menteng Pulo yang menjadi tempat peristirahatan 4.300 tentara Belanda selama Perang Dunia Kedua dan Perang Kemerdekaan RI. 

(Baca: Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari 14 Duta Besar Negara Sahabat)

Willem dan Maxima kemudian melanjutkan agendanya ke pabrik cokelat Pipiltin Cocoa. Pada malam harinya, Willem dan Maxima akan menghadiri acara penandatanganan perjanjian kemitraan bisnis antara Indonesia dan Belanda. Lalu, keduanya bakal mengunjungi pameran foto di Erasmus Huis.

Keduanya tak hanya berkunjung ke Jakarta selama di Indonesia. Rencananya, mereka juga  akan pergi ke Yogyakarta, Palangkaraya, dan Sumatera Utara.

Sekadar informasi, lawatan Raja Belanda ini merupakan yang pertama kali setelah 25 tahun lalu. Sementara, Maxima telah mengunjungi Indonesia selama dua kali, yakni pada 2012 dan 2015.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina

Video Pilihan

Artikel Terkait