Jokowi Terima Kunjungan Raja dan Ratu Belanda di Istana Bogor

Dimas Jarot Bayu
10 Maret 2020, 11:34
Jokowi Terima Kunjungan Raja dan Ratu Belanda di Istana Bogor.
ANTARA FOTO/REUTERS/Arnd Wiegm
Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima berfoto dengan putri mereka. Jokowi menerima kunjungan raja dan ratu Belanda di Istana Bogor, Jawa Barat (10/3).

Presiden RI Joko Widodo menggelar pertemuan dengan Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3). Kedua petinggi Kerajaan Belanda itu datang sekitar pukul 10.20 WIB. 

Kedatangan keduanya diawali upacara penyambutan tamu negara. Dalam prosesi tersebut, lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan dilanjutkan dengan dentuman meriam. Setelahnya, Willem dan Maxima mengisi buku tamu dan melakukan foto bersama dengan Jokowi dan istrinya, Iriana. 

(Baca: Jokowi dan PM Belanda Sepakati Isu Sawit Berkelanjutan)

Selanjutnya, raja dan ratu Belanda bersama Jokowi dan Iriana melanjutkan acara veranda talk. Veranda talk merupakan tradisi baru Presiden RI era Jokowi yang menggelar bincang-bincang akrab dengan beberapa tamu negara di beranda Istana. Lalu, mereka bersama-sama melakukan penanaman pohon damar.

Jokowi bersama Willem dan Maxima direncanakan menggelar sejumlah acara yang ditutup dengan makan siang bersama. “Social talk, penanaman pohon, pertemuan bilateral, dan pernyataan pers bersama,” demikian keterangan Sekretariat Presiden.

Belum jelas topik apa yang akan dibahas Jokowi bersama Willem dan Maxima dalam pertemuan bilateral. Hanya saja, Kementerian Luar Negeri menyebut kunjungan keduanya ke Indonesia dalam rangka memperkuat kerja sama di bidang ekonomi, pengembangan sumber daya manusia (SDM), dan pariwisata.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...