Tangkal Dampak Corona, Pemerintah Siapkan Stimulus Ekspor Impor

Rizky Alika
4 Maret 2020, 05:05
Tekan Dampak Corona, Pemerintah Siapkan Stimulus Ekspor Impor.
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Terminal 3 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pemerintah akan siapkan 4 kebijakan untuk menstimulus aktivitas ekspor-impor menghadapi dampak corona.

Pemerintah tengah merumuskan sejumlah kebijakan untuk melancarkan ekspor dan impor. Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, ada empat kebijakan untuk menstimulus perdagangan guna menekan dampak penyebaran virus corona baru (COVID-19) terhadap perekonomian.

"Stimulus ini terutama untuk mendorong kelancaran arus barang, baik ekspor maupun impor," katanya di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/3).

Secara rinci, dia menjelaskan, bahwa pertama,  pemerintah akan menyederhanakan berbagai ketentuan larangan-pembatasan (lartas) atau Tata Niaga Ekspor. Contohnya, penyederhanaan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK), health certificate, Surat Keterangan Asal, dan lainnya.

Susi mengatakan, tata niaga ekspor tersebut bakal dipermudah atau bahkan dihapuskan.

Kedua, pemerintah akan mengurangi lartas impor dan melakukan percepatan proses impor, terutama untuk barang yang diimpor oleh 500 importir terpercaya (reputable importer) .  Ketiga, pengurangan lartas  khususnya untuk impor bahan baku.

(Baca: Terdampak Corona, Devisa Impor dari Tiongkok Anjlok 51%)

Langkah tersebut dilakukan untuk memperlancar pasokan bahan baku dan bahan penolong industri agar kegiatan produksi tak terganggu. "Lartas impornya kita kurangi, sebisa mungkin kita hapuskan," ujar dia.

Keempat, pemerintah akan mengurangi biaya logistik dengan melakukan efisiensi proses logistik, mislanya dengan mendorong integrasi Indonesia National Single Window (INSW) dengan Inaportnet melalui pembentukan National Logistics Ecosystem untuk mengurangi biaya logistik di pelabuhan.

"Ini akan membantu industri mendapat jaminan pasokan bahan baku dan tetap menjaga serta meningkatkan ekspornya,” katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...