Kemendag Tak Bisa Batasi Lonjakan Harga Masker hingga Jutaan Rupiah

Rizky Alika
3 Maret 2020, 20:16
Harga Masker Naik Hingga Jutaan, Kemendag Sebut Tak Bisa Batasi Harga .
Calon pembeli mamadati sentra alat dan produk kesehatan Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (3/3/2020). Kemendag berdalih tak mengetahui kelangkaan masker hingga harga jualnya melambung jutaan rupiah.

Masker menjadi barang langka beberapa hari terakhir, terutama setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan dua warga negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus corona.  Namun, Kementerian Perdagangan (Kemendag) berdalih tak tahu-menahu soal kelangkaan masker hingga harga jualnya melambung sampai belasan juta rupiah di platform online

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Suhanto mengaku belum menerima informasi terkait hal tersebut. "Kami mau cek. Baru dengar hari ini kalau online (menjual masker dengan harga) seperti itu, kami belum tahu," kata dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/3).

Menurutnya, Kemendag tidak bisa membatasi harga jual masker di pasaran.  Namun, pihaknya akan mengeluarkan imbauan kepada pedagang. Kemendag  juga akan mengawasi penjualan masker di lapangan serta memastikan ketersediaannya.

(Baca: Wabah Virus Corona, Jokowi Perintahkan Kapolri Tangkap Penimbun Masker)

Suhanto menyebut, pemerintah tak melarang penjual masker mengekspor produknya ke luar negeri.  Hanya saja, ia meminta para penjual mengutamakan penjualan masker untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto pun mengimbau produsen masker untuk tidak menaikkan harga jual masker ke masyarkat. "Imbauan ini juga ditujukan kepada distributor dan pengecer," ujar Agus.

Selain itu, dia pun melihat adanya permintaan tinggi pada produk hand sanitizer. Oleh karena itu, ia juga meminta penjual hand sanitizer tidak mempermainkan harga di pasaran.

Berdasarkan pantauan katadata.co.id,  untuk sekotak masker yang biasa dijual sekitar Rp 30.000-40.000, beberapa hari terakhir harganya melonjak signifikan. 

Seperti yang dijual sebuah platform online, harga masker sekotak dijual dengan kisaran harga mulai Rp 300 ribu hingga Rp 15,4 juta. Sementara, platform lainnya menjual masker dengan kisaran harga Rp 90 ribu sampai Rp 2,28 juta.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...