Lama Tertunda, Wagub Papua Minta Pusat Bangun Jalur Kereta Api

Dimas Jarot Bayu
28 Februari 2020, 12:47
Lama Tertunda, Wagub Papua Minta Pusat Bangun Jalur Kereta Api.
ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra
Sebuah mobil melintas di ruas Jalur Trans Papua Wamena-Batas Batu, Sabtu (8/4). Wakil Gubernur Papua minta pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan proyek kereta api untuk memudhakan transportasi warga.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal meminta pemerintah pusat segera meralisasikan pembangunan kereta api di Bumi Cenderawasih. Menurut Klemen, kereta api sangat dibutuhkan oleh masyarakat Papua untuk bisa berpergian.

Pasalnya, moda transportasi itu dapat membawa orang dalam kapasitas besar. “Kalau kereta bisa massal. Mau naik babi, naik. Mau pergi gereja, bisa tambah gerbong,” ujar Klemen di Sorong, Papua Barat, Kamis (27/2).

Advertisement

Klemen juga menilai kereta api dapat mempermudah transportasi logistik di Papua. Selama ini, minimnya fasilitas infrastruktur transportasi kerap menjadi persoalan bagi pemerintah daerah untuk mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi maupun menarik investasi ke Papua.

(Baca: Geliat Investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Sorong Berjalan Lambat)

Selain itu, Klemen menilai kereta api lebih terjangkau bagi masyarakat Papua. “Kalau naik pesawat terlalu mahal, rakyat tidak punya duit,” kata Klemen.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement