Wabah Corona Diprediksi Berdampak Terhadap Ekspor Impor Januari 2020

Rizky Alika
11 Februari 2020, 15:22
Wabah Corona Diprediksi Berdampak Terhadap Ekspor Impor Januari 2020.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Petugas beraktivitas saat bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/11/2019). Kemendag memprediksi wabah corona di Tiongkok bakal mempengaruhi ekspor impor Indonesia pada Januari 2020.

Penyebaran virus corona telah menyebabkan sebagian aktivitas perekonomian Tiongkok terhenti. Kementerian Perdagangan menyebut, situasi ini mulai berdampak terhadap ekspor impor Indonesia per Januari 2020.

"Corona ini kan sudah muncul sejak Desember, sehingga Januari (ekspor dan impor) sudah terdampak," kata Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BP3) Kemendag Kasan Muhri di kantornya, Jakarta, Selasa (11/2).

(Baca: Ekonomi Tiongkok Berpotensi Terpangkas 1% akibat Wabah Virus Corona)

Tak hanya di Indonesia, wabah corona juga menurutnya telah memukul sektor perdagangan sejumlah negara, seperti Brasil yang perdagangannya turun hingga dua digit. Hal serupa juga terjadi di Korea Selatan dan Taiwan.

Oleh karena itu, dia menilai Indonesia dapat mengalihkan pasar ekspor dan impornya ke negara lain, di luar Tiongkok. Beberapa mitra dagang yang menurutnya bisa dijadikan pasar pengganti seperti, Amerika Latin dan negara kawasan Asia Selatan seperti Vietnam dan Myanmar. Namun, potensi tersebut masih dikaji lebih lanjut oleh tim Kemendag.

Lebih lanjut, dia juga menyatakan jika wabah corona menyebabkan penurunan terhadap pertumbuhan ekonomi Tiongkok, maka dampak penurunan yang sama juga bisa dialami Indonesia.

Sebab, setiap 1% penurunan pertumbuhan ekonomi Tiongkok, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terkoreksi 0,23%. "Ini berdasarkan fakta-fakta yang kami temukan secara ilmiah," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...