Jokowi Minta Perombakan Total dalam Hilirisasi Hasil Riset

Dimas Jarot Bayu
6 Februari 2020, 23:07
Jokowi Minta Perombakan Total dalam Hilirisasi Hasil Riset.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo memberikan arahan pada rapat di Istana. Presiden meminta perombakan besar-besaran di bidang hilirisasi hasil riset dan inovasi di Indonesia.

Presiden Joko Widodo meminta perombakan besar-besaran di bidang hilirisasi hasil riset dan inovasi di Indonesia. Menurutnya, produksi hasil riset dan inovasi tak boleh lagi terhambat oleh birokrasi dan administrasi.

Presiden mengatakan, investasi pengembangan industri produk teknologi unggulan dalam negeri tak semestinya menemui hambatan. “(Hambatan) Ini harus dipangkas. Dibuka lebar, jangan dipersulit,” ujar dia saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/2).

Selain itu, dia juga menyatakan pentingnya membuat peta jalan mengenai hilirisasi hasil riset dan inovasi. Lewat peta jalan tersebut, diharapkan lembaga riset dan universitas bisa tersambung dengan dunia industri.

(Baca: Pemerintah Percepat Produksi Massal Drone Militer pada 2022)

Dengan begitu, hasil riset dan inovasi bisa diproduksi secara massal. “Segera dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat oleh dunia usaha,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, dia pun meminta agar produk-produk industri unggulan dari hasil riset dan inovasi dapat terintegrasi dengan sektor hulu dan hilir.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...