ASDP Bakal Buka Rute Penyeberangan ke Malaysia & Timor Leste

Image title
6 Februari 2020, 19:41
ASDP Bakal Buka Rute Penyebrangan ke Malaysia & Timor Leste.
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
Pekerja mengecat kapal Ferry di pelabuhan Bolok, Kupang, NTT Senin (13/1/2020). PT ASDP Indonesia Ferry bakal membuka rute penyebrangan internasional tahun ini ke Malaysia dan Timor Leste.

BUMN jasa pelabuhan dan angkutan penyebrangan penumpang PT ASDP Indonesia Ferry berencana membuka rute penyeberangan lintas negara tahun ini. Adapun rute internasional tersebut di antaranya, Dumai, Riau-Malaka, Malaysia, dan Maritaining, Nusa Tenggara Timur (NTT)-Dili, Timor Leste.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan adanya rute baru lintas negara tersebut diharapkan dapat meningkatkan potensi perdagangan. Sebab, Indonesia memiliki potensi ekspor yang besar ke Timor Leste.

Selain itu, rute baru tersebut dinilai mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. "Indonesia Timur bisa lebih unggul untuk ekspor, tapi ini harapannya sudah harus berjalan." kata Ira, saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (6/2).

(Baca: Beli 11 Kapal Motor Penumpang, ASDP Anggarkan Belanja Modal Rp 1,6 T)

Oleh karena itu, perusahaannya pada tahun ini berecana menambah 11 Kapal Motor Penumpang (KMP). Kapal itu dibeli dari galangan kapal di Indonesia dan luar negeri. Namun, Ira tak merinci berapa jumlah investasi untuk menambah 11 KMP tersebut.

Sepanjang tahun ini perusahaan telah menyiapkan investasi belanja modal (capex) Rp 1,6 triliun. Meski begitu, angka ini lebih kecil dibandingkan target investasi pada tahun lalu yang mencapai Rp 2,2 triliun. 

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...