KSP Ditunjuk Jadi Pusat Informasi untuk Meredam Peredaran Hoaks Corona

Image title
6 Februari 2020, 16:48
KSP Ditunjuk Jadi Pusat Informasi Guna Tangkal Informasi Hoaks Corona.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) berbincang dengan Kepala Staf Presiden Moeldoko (tengah) dan Menkominfo Johnny G Plate (kanan) di Istana. Pemerintah menetapkan Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai pusat informasi dan komunikasi terkait penanganan virus corona.

Pemerintah menunjuk  Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai pusat informasi dan komunikasi terkait penanganan virus corona. Pembentukan pusat ini diharapkan bisa menjadi sumber utama informasi terkait penyebaran dan penanganan virus corona, sekaligus menekan kesimpang siuran berita di masyarakat. 

Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan pusat informasi dan komunikasi ini akan menghimpun data dan informasi dari beberapa kementerian dan lembaga. Yang mana, informasi dan data ini nantinya akan disampaikan secara berkala. 

Advertisement

"Kami akan berikan kepada publik terkait hal-hal yang menonjol atau yang perlu kami sampaikan," kata Moeldoko di Kantornya, Kamis (6/2).

(Baca: Virus Corona Tewaskan 563 Orang di Tiongkok, Kasus di Jepang Bertambah)

Adapun informasi yang disampaikan KSP ini nantinya dapat digunakan media sebagai sumber utama pemberitaan virus corona. Namun, apabila ditemukan data-data tambahan yang sifatnya mendadak itu juga dapat digunakan sebagai acuan.

"Tapi terhadap hal-hal yang spontan ya boleh saja, tapi usahakan semaksimal mungkin sumber informasi dari sini," kata dia.

Pasalnya, sejak virus corona merebak, tak sedikit berita hoaks bermunculan sehingga meresahkan masyarakat. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement