Corona Merebak di Tiongkok, Jokowi Minta RI Manfaatkan Celah Ekspor

Dimas Jarot Bayu
4 Februari 2020, 18:30
Corona Merebak di Tiongkok, Jokowi Minta RI Manfaatkan Celah Ekspor .
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas (ratas) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Jokowi meminta jajarannya bisa memanfaatkan peluang ekspor dari negara lain yang selama ini menggantungkan impornya dari Tiongkok.

Virus corona Tiongkok terus menjangkit ke sejumlah negara dan diperkirakan berdampak ke perekonomian. Presiden Joko Widodo meminta jajarannya bisa memanfaatkan peluang ekspor dari negara lain yang selama ini menggantungkan impornya dari Negeri Panda.

Jokowi mengatakan, banyak negara khawatir dengan produk yang mereka impor dari Negeri Panda. Dengan demikian, Indonesia berpeluang memasok produk serupa ke negara-negara yang selama ini mengimpor dari Tiongkok.

"Saya kira di sini ada peluang untuk memanfaatkan ceruk pasar ekspor di negara lain yang sebelumnya banyak mengimpor produk yang sama dari Tiongkok," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

(Baca: Jokowi Minta Ada Skenario Waspadai Virus Corona)

Dia pun melihat merebaknya virus corona di Tiongkok membuka peluang bagi industri substitusi impor dalam negeri untuk tumbuh. Menurutnya, mereka dapat mulai meningkatkan produksi berbagai produk yang selama ini diimpor dari Tiongkok.

BPS mencatat nilai impor nonmigas asal Tiongkok sepanjang Januari-November 2019 sebesar US$ 40,51 miliar. Angka tersebut berkontribusi 29,68% terhadap total impor nonmigas sebesar US$ 136,45 miliar.

"Ini memberikan momentum bagi industri substitusi impor di dalam negeri untuk meningkatkan produksi berbagai produk yang sebelumnya diimpor dari tiongkok," kata mantan Walikota Solo tersebut.

Dampak Corona Sektor Pariwisata

Dampak virus corona juga memukul sektor pariwisata. Oleh karena itu, Jokowi juga meminta jajarannya menyasar ceruk pasar turis asing negara lain dari yang tengah mencari destinasi wisata alternatif.

Pasalnya, banyak turis mancanegara yang batal berkunjung ke Tiongkok setelah negara tersebut terserang virus corona.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...