Lindungi Industri Lokal, Trump Naikkan Tarif Impor Baja dan Aluminium

Image title
Oleh Ekarina
25 Januari 2020, 12:20
Presiden Donald Trump memberikan pidato mendukung partai Republik untuk mendapatkan jabatan di Kentucky di Rupp Arena di Lexington, Kentucky, Senin (4/11/2019).
ANTARA FOTO/REUTERS/Sam Upshaw Jr.
Presiden Donald Trump memberikan pidato. Trump pada Jumat (25/1) meneken proklamasi kenaikan tarif impor untuk produk baja turunan 25%.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali mengeluarkan kebijakan perdagangan. Trump pada Jumat (25/1) meneken proklamasi kenaikan tarif impor untuk produk baja turunan 25% serta bea masuk aluminium turunan 10%.

Kenaikan tarif baja mentah dan aluminium impor ini dilakukan karena dinilai mengancam kelangsungan industri dalam negeri dan keamanan nasional AS.

Advertisement

(Baca: Pemerintah Ungkap 2 Alasan Baja Impor Lebih Dipilih Dibanding Lokal)

Namun demikian Trump mengatakan, Argentina, Australia, Kanada dan Meksiko akan dibebaskan dari tarif aluminium tambahan. Sedangkan untuk tarif baja, diizinkan diberi pengecualian untuk Brasil, Argentina, Kanada, Australia, Meksiko, dan Korea Selatan, dikutip dari Reuters. 

Sejak pengenaan tarif, Trump mengatakan, impor baja dan aluminium telah menurun. Namun,  impor produk turunannya, seperti paku baja dan kabel aluminium justru meningkat.

Trump mengatakan, produsen asing dalam artikel turunan ini telah meningkatkan pengiriman ke Amerika Serikat untuk menghindari bea masuk barang aluminium dan barang baja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement