Pekerja Huawei Diduga Terpapar Virus Corona, BRI: Hanya Demam & Radang

Image title
Oleh Ekarina
23 Januari 2020, 18:01
Pekerja Huawei Diduga Terpapar Virus Corona, BRI: Hanya Demam & Radang.
Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (22/1/2020). Virus corona dikabarkan telah menyebar ke lima negara.

Manajemen pengelola Gedung BRI II mengklarifikasi kabar beredar mengenai seorang karyawan Huawei yang diduga terjangkit virus corona di kawasan perkantoran tersebut. Menajemen mengatakan, berdasarkan diagnosa, korban tak terjangkit virus corona, melainkan hanya demam dan radang tenggorokan.

Corporate Secretary BRI Hari Purnomo mengatakan, saat ini telah berkordinasi dengan Huawei dan pihak terkait  untuk melakukan investigasi terkait kebenaran informasi tersebut.

"Pekerja Huawei tersebut telah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis dan dari hasil diagnosa rumah sakit, dinyatakan bahwa pekerja tersebut terserang radang tenggorokan," kata dia dalam keterangannya, Kamis (23/1).

(Baca: Moeldoko Tegaskan Virus Corona Belum Masuk Indonesia)

Menurutnya, Bank BRI mengedepankan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Perkantoran bagi para pekerja BRI sebagaimana yang tercantum pada peraturan Menteri Kesehatan RI. No. 48 Tahun 2016.

"Saat ini BRI telah melakukan pengendalian risiko keselamatan bagi para pekerja BRI dengan memberikan masker bagi seluruh pekerja Kantor Pusat Bank BRI," katanya.

Sebelumnya marak dikabarkan seorang karyawan Huawei yang berasal dari Republik Rakyat Tiongkok mengalami demam dan diduga terjangkit virus corona. Perusahaan asal Negeri Panda itu diketahui berkantor di Gedung BRI II, Jakarta Pusat.

"Seorang karyawan dari China mengunjungi kantor kami di Jakarta mengalami demam. Kami dengan tanggap telah mengantarkan karyawan tersebut segera melakukan pemeriksaan di rumah sakit," ujar PT Huawei Tech Investment Indonesiadalam keterangan tertulis dikutip dari Antara di Jakarta, Kamis.

Namun, Huawei Indonesia saat ini belum dapat memastikan apakah karyawan tersebut terjangkit virus corona, hingga mendapat konfirmasi resmi dari rumah sakit selaku otoritas dalam bidang kesehatan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...