Ombudsman: Kepatuhan Kemendagri Jalankan Rekomendasi Paling Rendah

Dimas Jarot Bayu
21 Januari 2020, 19:42
Ombudsman: Kepatuhan Kemendagri Jalankan Rekomendasi Paling Rendah.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kiri) berjabat tangan dengan pejabat lama Tjahjo Kumolo (kanan). Kemendagri merupakan salah satu kementerian yang paling rendah dalam menjalankan rekomendasi Ombudsman.

Ombudsman Republik Indonesia mencatat, sejumlah kementerian dan lembaga masih memiliki tingkat kepatuhan menjalankan rekomendasi rendah. Komisioner Ombudsman Ninik Rahayu mengungkapkan, Kementerian Dalam Negeri merupakan yang paling tidak patuh menjalankan rekomendasi Ombudsman. 

Posisi selanjutnya diikuti Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Selain itu, ada pula Kepolisian yang dinilai tak patuh menjalankan rekomendasi. 

“Kalau Kementerian Dalam Negeri cukup banyak (tidak menjalankan rekomendasi),” kata Ninik di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (21/1).

(Baca: Ombudsman Bentuk Tim Investigasi Kasus Jiwasraya, Asabri, dan Taspen)

Menurutnya, persoalan ini perlu menjadi perhatian. Sebab, rekomendasi Ombudsman merupakan langkah koreksi terhadap temuan masalah maladministrasi di lingkup kementerian/lembaga.

Jika rekomendasi tak dijalankan, maka maladministrasi tersebut dikhawatirkan terus berlangsung. “Jadi ini akan dilakukan rapat koordinasi terbatas dengan kementerian terkait untuk mencari solusi terhadap upaya pelaksanaan rekomendasi tersebut,” kata Ninik.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...