Lebih Fleksibel, Jokowi Tinjau Sistem Kerja Digital di Bappenas

Integrated Digital Work (IDW) atau sistem kerja digital terintegasi merupakan sistem yang akan membuat cara kerja ASN lebih fleksibel.
Dimas Jarot Bayu
16 Januari 2020, 13:10
Lebih Fleksibel, Jokowi Tinjau Sistem Kerja Digital di Bappenas
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (tengah) berjabat tangan dengan peserta Integrated Digital Network (IDW) saat meninjau pelaksanaan kegiatan tersebut di Jakarta, Kamis (16/1/2020). IDW merupakan bagian dari kebijakan flexible work atau flexi work di Bappenas yang memungkinkan aparatur sipil negara (ASN) bekerja tanpa harus ke kantor secara konvensional.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penerapan sistem Integrated Digital Work (IDW) di kantor Bappenas, Jakarta, Kamis (16/1). Sistem IDW tersebut rencananya diterapkan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Jokowi tiba sekitar pukul 08.40 WIB di kantor Bappenas. Dia didampingi oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Kepala Negara kemudian meninjau sejumlah ruangan di Bappenas, salah satunya adalah ruang monitoring. Ruangan tersebut dilengkapi empat layar monitor besar yang menampilkan rencana kerja kementerian/lembaga dan detil perkembangan program pemerintah.

(Baca: Sistem Kerja PNS Bakal Fleksibel, Bekerja di Rumah & Libur Hari Jumat)

Advertisement

Jokowi juga meninjau ruangan co-working space. Di ruangan ini, para ASN di Bappenas dapat bekerja secara lebih fleksibel dan terbuka.

Kemudian kepala negara beranjak meninjau balkon dan ruang diskusi. Di ruang terakhir, sudah ada beberapa ASN yang tengah berdiskusi.

Hanya saja, Jokowi tak ikut berdiskusi dengan mereka. Jokowi hanya duduk sebentar dan mengajak mereka berswafoto.

“Silakan dilanjutkan lagi,” kata Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian pergi ke agenda selanjutnya.

(Baca: Bukan Hanya PNS, Institusi Pendidikan Ingin Adopsi Teknologi AI)

Untuk diketahui, IDW merupakan sistem yang akan membuat cara kerja ASN lebih fleksibel, baik dalam hal waktu dan tempat bekerja, serta berbasis digital. IDW bertujuan meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil kerja para ASN di Bappenas.

IDW sendiri merupakan implementasi kebijakan flexi work yang sempat diuji coba Bappenas sejak 1 Januari 2020. Dengan kebijakan tersebut, ASN dimungkinkan bekerja tanpa harus pergi ke kantor.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait