Konflik AS-Iran Mereda, Harga Minyak Kembali Merosot ke US$ 64,9/Barel

Image title
13 Januari 2020, 10:17
Konflik AS-Iran Mereda, Harga Minyak Kembali Merosot ke US$ 64/barel.
KATADATA
Iluastrasi kilang minyak. Harga minyak kembali merosot ke level US$ 64,9 per barel pasca meredanya konflik Timur Tengah.

Harga minyak mentah dunia kembali melemah di awal pekan seiring dengan meredanya konflik antara Amerika Serikat (AS) dan Iran. Meski demikian, harga minyak masih berpotensi melonjak dipicu kekhawatiran pasar terkait sanksi baru AS terhadap Iran atas serangan balasan rudal di markas pasukan mereka di Irak. 

Dikutip dari Bloomberg pada Senin (13/1) pukul 08.31 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak Maret 2020 turun 0,08% menjadi US$ 64,93 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Februari 2020 turun 0,05% menjadi US$ 59,01 per barel.

Advertisement

(Baca: Data Stok AS Meningkat, Harga Minyak Terus Turun ke US$ 65)

Namun, pasca-kabar armada Kelima Angkatan Laut AS yang menyatakan sebuah kapal angkatan laut milik Rusia secara agresif mendekati kapal perusak milik Angkatan Laut AS di Laut Arab Utara, Kamis (9/1) lalu, membuat pasar kembali khawatir akan terjadinya konflik lanjutan.

"Dengan mundurnya Iran, ada perasaan bahwa pasokan minyak cukup aman, tetapi dengan sanksi institusi dan laporan ini bahwa kapal Rusia bertindak agresif terhadap kapal AS, membuat pasar kembali sedikit khawatir, "kata Phil Flynn, analis minyak di Price Futures Group di Chicago mengutip Reuters.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement