Dikeluhkan Jokowi, Luhut Janji Harga Gas Bisa Turun dalam 3 Bulan

Image title
7 Januari 2020, 21:56
Didesak Jokowi, Luhut Janji Harga Gas Bisa Turun 3 Bulan.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ketua BPK Agung Firman Sampurna (kiri) berbincang dengan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Luhut menargetkan harga jual gas industri turun menjadi US$ 6 pada Maret 2020.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan harga gas industri dapat diturunkan menjadi US$ 6 per Million British Thermal Unit (MMBTU) dalam waktu tiga bulan. Pihaknya sedang mengkaji tiga opsi yang ditawarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menekan harga gas industri.

Luhut menyatakan, akan melaporkan hasil kajian tersebut kepada Jokowi pada Maret mendatang. "Saya janji lapor presiden awal Maret harus selesai," ujar Luhut di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (7/1).

Advertisement

Senada dengan Luhut, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia berharap agar harga gas industri bisa turun menjadi US$ 6 per MMBTU dalam tiga bulan ke depan. Hal ini dilakukan agar industri dalam negeri bisa lebih kompetitif dibanding negara lain.

(Baca: Bebaskan Impor demi Tekan Harga Gas Industri, Pengamat: Jokowi Blunder)

"Sedang dihitung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pajak penghasilan (PPH) migas untuk bagaimana melakukan penyesuaian terhadap cost-nya," ujarnya.

Dirinya pun menyatakan bakal terus meyakinkan investor agar harga gas jual industri dapat diturunkan. 

"Kita masih menunggu sampai bulan tiga, karena pak presiden kemarin sudah memberikan batas waktu. Dari BPKM bagaimana memberikan kepastian kepada investor yang investasi di Indonesia bahwa bagaimana caranya gas kita US$ 6 per MMBTU," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement