Tunggu Anies Bebaskan Lahan, PUPR: Sodetan Ciliwung Rampung 6 Bulan

Rizky Alika
6 Januari 2020, 20:07
Tunggu Anies Bebaskan Lahan, PUPR: Sodetan Ciliwung Rampung 6 Bulan.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Foto udara suasana wilayah bantaran sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri, Jakarta, Minggu (5/1/2020). Rencana pembangunan tanggul normalisasi tak mencapai target terkendala pembebasan lahan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya dapat menyelesaikan proyek Sodetan Ciliwung dalam enam bulan. Namun, hal tersebut akan bergantung pada pembebasan lahan yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Alatnya masih ada semua. Tinggal (pembebasan lahan) itu selesai, enam bulan selesai," kata Basuki di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Senin (6/1).

Advertisement

Menurutnya, tidak banyak lahan yang harus dibebaskan untuk proyek tersebut. Anies, lanjut Basuki, juga telah sepakat dengan masyarakat setempat untuk melakukan pembebasan lahan.  Dengan demikian, pembebasan lahan tersebut diharapkan selesai setelah banjir selesai.

(Baca: Beda dengan Anies, Luhut: Normalisasi Ciliwung Perlu Guna Atasi Banjir)

Sebagaimana diketahui, proyek sodetan Ciliwung merupakan proyek multiyears dengan  dengan anggaran Rp 500 miliar. Proyek ini dimulai pada 2013 dan ditargetkan tuntas pada 2015. Namun, infrastruktur penangkal banjir tersebut belum bisa diselesaikan karena masih terkendala masalah pembebasan lahan.

Gubernur DKI Jakarta kala itu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menggusur warga Bidara Cina yang berujung pada gugatan ke Pemprov DKI Jakarta ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement